Tips Membersihkan Filter Udara Motor Dengan Benar Dan Jenisnya

0
T OtomoTrends.com, Jakarta. Cara membersihkan filter udara motor juga salah satu langkah yang harus diterapkan guna menunjang performa mesin. Namun perlu diketahui bahwa salah satu hal yang wajib dipahami bagi setiap pemilik sepeda motor yakni harus mengetahui cara membersihkan filter udara motor.

Pasalnya, filter udara pada kendaraan roda dua ini merupakan komponen dalam mesin pacu yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Mengingat perannya yang sangat penting dalam menunjang performa dari mesin itu sendiri. Berikut beberapa jenis filter udara yang harus dikenali dan pahami. Filter Udara Motor Konvensional, jenis filter udara motor yang satu ini merupakan penyaring udara yang umumnya terbuat dari bahan busa atau spoon. Filter Udara Motor Kering atau biasa disebut filter dry element.

Cara merawat filter udara motor yang satu ini memang lebih mudah karena dibuat sedikit lebih tebal dari tipe busa sehingga tidak mudah rusak. Filter Udara Basah atau wet element. Bahan pembuatnya mirip sekali dengan tipe filter kering, yaitu sama-sama menggunakan material dari kertas, hanya saja untuk cara membersihkan filter udara motor jenis ini, butuh treatment khusus.

Baca Juga: Harga Spesifikasi Toyota Agya Terbaru 2017 Model Lama Turun Drastis

Karena tipe filter basah ini mengandung pelumas khusus yang fungsinya menangkap kotoran atau debu dan melindungi ruang bakar mesin secara lebih maksimal. Di sisi lain, filter udara basah ini tidak boleh dicuci atau dibersihkan dengan menggunakan kuas maupun sikat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply