Tips Agar Ban Tubeless Bisa Awet dan Tahan Lama

0
T OtomoTrends.com, Jakarta. Ban tubeless awalnya diperuntukkan untuk mountain bike atau sepeda gunung? Semakin kesini, ban yang biasa diisi dengan gas nitrogen ini semakin populer dan menjadi ban idaman. Tidak hanya dipakai untuk sepeda gunung, tetapi juga pada kendaraan lain seperti sepeda motor. Berbagai kelebihan ban tubeless inilah yang membuat jenis ban ini banyak diminati.

Salah satu kelebihan ban tubeless yang membuat jenis ban ini diminati adalah kepraktisannya. Jika terjadi masalah pada ban, pengguna tidak perlu dipusingkan dengan mengganti atau menambal ban dalam yang bocor. Karena ban tubeless tidak menggunakan ban dalam. Jika terjadi kebocoran, pengguna cukup menambal ban dari luar. Selain itu, sifat ban yang keras dan padat, membuat ban tubeless lebih sulit bocor dibandingkan dengan ban biasa. Walaupun ban tubeless cukup praktis, tetap saja membutuhkan perawatan agar ban tersebut tetap awet dan enak digunakan.

Berikut adalah tips dan cara merawat ban tubeless pada sepeda motor agar tetap awet dan tahan lama.

Perhatikan Tekanan Angin Ban
Penyesuaian tekanan angin hanya dapat dilakukan saat ban dingin. Tekanan angin ban depan sekitar 32 psi dan ban belakang 38-40 psi.

Hindari Lem Cair
Jangan menutup lubang pada ban dengan lem cair atau lem ban. Cairan akan menyebar ke permukaan ban yang dapat membuat permukaan ban yang tidak mengalami kebocoran menjadi rusak. Sebagai gantinya, tambal bocoran tersebut dengan potongan ban yang ditempel dengan lem.

Lakukan Pemeriksaan Rutin
Lakukan pemeriksaan pada bagian telapak ban secara rutin. Pemeriksaan ini sekaligus untuk mengecek apakah ada kerusakan lain pada ban.

Baca Juga: Meski Sempat Dilema, Akhirnya Chopperland Jadi Milik Presiden Jokowi

Hindari Beban Berlebih
Beban terlalu berat dapat mempengaruhi sistem kerja ban. Jadi hindari membawa beban yang berlebih saat berkendara. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply