Tata Cara Membuat SIM Online dan Memperpanjang SIM Online

0
T OtomoTrends.com, Jakarta. Saat ini teknologi online yang ditawarkan cara membuat SIM online dan memperpanjang SIM digunakan oleh pihak yang berwajib guna mempermudah proses menyamakan data maupun proses perpanjangan SIM di wilayah lain oleh mereka yang berada di luar daerah asal. Dengan kata lain, prosedur dasar dari cara membuat SIM online dan cara memperpanjang SIM seluruh prosedurnya yang dijalani tetap sebagaimana perpanjangan SIM pada umumnya.

Hanya saja pemohon tidak perlu mendatangi tempat awal pembuatan SIM yang dimilikinya. Dalam panduan cara membuat SIM online ada beberapa ketentuan yang harus dilengkapi dan dijalankan, yaitu syarat-syarat dan proses atau prosedur pembuatan SIM baru secara online. Langkah awal pada prosedur cara membuat SIM online harus membuka portal website resmi dari Polri, yaitu di http://sim.korlantas.polri.go.id.

Umumnya untuk biaya pembuatan SIM dengan menggunakan prosedur cara membuat SIM online ini berkisar antara Rp 100 ribu sampai Rp 120 ribu. Prosedur cara memperpanjang SIM Online kunjungi website https://sim.korlantas.polri.go.id/. Yang perlu digaris bawahi yaitu ketika untuk perpanjangan SIM maka untuk pilih jenis permohonan perpanjangan SIM.

Baca Juga: Bisakah Citra Negatif Komunitas Motor Gede (Moge) Dirubah

Kemudian, isi beberapa kolom pada form permohonan tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Lalu tekan tombol lanjut dan ikuti saja alur pendaftaran pada panduan cara memperpanjang SIM online ini. Perlu diketahui bahwa biasanya biaya untuk memperpanjang SIM ini berada pada kisaran Rp 75 ribu untuk SIM C dan untuk perpanjang SIM A Rp 80 ribu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply