Syarat Ban Motor Yang Baik Saat Musim Hujan

0
S OtomoTrends.com, Jakarta. Saat ini cuaca hujan yang mulai intens beberapa hari membuat pengendara meningkatkan kewaspadaan di jalan raya. Terutama pengemudi sepeda motor yang rentan mengalami kecelakaan saat hujan. Buat pengendara persiapan saat hujan perlu dilakukan sejak awal. Sebelum pergi, pastikan sepeda motor siap digunakan.

Ban menjadi bagian dari sepeda motor yang memegang peranan penting di saat hujan. Paling sering terjadi adalah pemilik sepeda motor tidak memeriksa tekanan ban. Padahal kondisi ban siap pakai dapat dinilai melalui penampakan visual. Bila kurang tekanan udara, bentuk ban akan menekuk keluar. Ini bisa terlihat saat sepeda motor ditungganggi. Ban yang kurang udara akan membuat permukaan ban tidak menapak sempurna di aspal dan mengurangi daya cengkram.

Maka baiknya usahakan tekanan ban saat musim hujan selalu normal sesuai standar pabrikan karena ukuran ini yang membuat ban bekerja optimal. Ban adalah komponen penting dalam keselamatan berkendara, terutama saat musim hujan dan kerap terjadi genangan air di jalan. Pemilik sepeda motor maupun mobil harus memperhatikan kondisi ban jika ingin perjalanannya aman, dan nyaman selamat sampai di tujuan.

Baca Juga: Tampilan RC16 KTM Rilis Motor Baru Untuk MotoGP 2017

Ada beberapa syarat kondisi ban yang paling pas dipakai di jalanan basah. Yang terbaik bagi jalanan basah adalah yang alurnya bergaris dengan jarak sedang tidak terlalu rapat atau renggang. Dengan motif alur tersebut maka daya cengkeram lebih baik dan jika melintas air akan lebih mudah. Motif ban dengan kembangan rumit malah mempersulit di jalan basah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply