Mulai 5 Februari 2018, Motor Lewat Jalur Cepat Thamrin Ditilang!

0
M OtomoTrends.com, Jakarta. Selama tujuh hari masa sosialisasi, pelanggar yang melintas di luar marka hanya akan ditegur dan diimbau petugas untuk menjaga ketertiban. Pengendara motor diwajibkan melalui lajur sebelah kiri atau jalur lambat saat melintas di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat mulai 5 Februari 2018. Polisi akan menilang pengendara yang masih nekat melalui lajur kanan di jalur tersebut.

Sepeda motor yang melanggar marka jalur khusus sepeda motor di Jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat akan ditilang. Sebelum tanggal itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan sosialisasi. Sosialisasi akan dimulai selama tujuh hari mulai Senin, 29 Januari 2018 sampai Minggu, 4 Februari 2018. Penyiapan jalur khusus dan penindakan pelanggar adalah amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Adapun pengendara roda dua yang tidak melewati jalur khusus motor telah melanggar hukum sesuai dengan UU LLAJ Pasal 287 ayat 1 jo Pasal 106 ayat 4 huruf b dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Tidak diperlukan peraturan gubernur (pergub) dalam menyiapkan jalur khusus sepeda motor ini, sebab jalur itu dibuat berdasarkan peraturan yang lebih tinggi dari pergub, yakni UU LLAJ pasal 108. Jalan MH Thamrin dan Medan Merdeka Barat di Jakarta Pusat kembali dibuka untuk sepeda motor setelah Mahkamah Agung (MA) membatalkan Pergub) 195/2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor.

Baca Juga: Ini Alasan Mobil Suzuki Buatan Indonesia Dilarang Masuk Vietnam

Penertiban lalu lintas tersebut dilakukan untuk mengevaluasi kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pasca kembali diperbolehkannya pesepeda motor melintas di jalur Thamrin. Berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jumlah kendaraan di Thamrin meningkat menjadi 35 persen sejak jalur tersebut dibuka bagi pengendara motor. Alasan penertiban lalu lintas, untuk mengurangi tingkat kecelakaan, tingkat kemacetan dan tingkat pelanggaran lalu lintas oleh pengendara motor. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.