Motor Matik Kena Banjir! Ini Risiko Kerusakannya

0
M OtomoTrends.com, Jakarta. Saat ini semakin tingginya intensitas hujan tentunya akan menyebabkan banjir. Dan hal tersebut sudah beberapa kali terjadi dan mulai mengepung berbagai daerah khususnya Jakarta. Bagi para pesepeda motor, tentunya situasi seperti ini sangat mengganggu dan tidak menutup kemungkinan mengharuskan Anda untuk menerjang banjir untuk dapat terus beraktifitas. Tak jarang setelah melewati banjir, membuat kinerja beberapa komponen sepeda motor akan terganggu.

Untuk dapat meminimalisir terjadinya gangguan pada beberapa komponen sepeda motor kita, memang harus dilakukan langkah-langkah pemeriksaan dan pengecekan. Hal tersebut harus dilakukan karena sepeda motor banyak dibekali dengan komponen yang bisa langsung bersentuhan dengan air dan masuk melalui celah-celah sempit.
Salah satu kerusakan yang kerap dialami jika nekat melewati banjir adalah water hammer. Itu adalah kondisi saat air masuk ke ruang pembakaran dalam sepeda motor.

Bisa berakibat bagi kendaraan? Tentu saja jika dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik. Jika motor matik baru melewati genangan air, maka segera pemeriksa continously variable transmission atau CVT nya. Terutama jika suara kendaraan jadi aneh. Mengapa demikian, sebab air jika masuk ke CVT akan menimbulkan suara tidak wajar. Selain CVT, oli mesin harus di cek apakah tercampur air atau tidak.

Baca Juga: Tampilan Datsun Buat Desain dan Fitur yang Cocok Untuk Milenial

Jika tercampur air maka harus dikuras agar tidak berakibat fatal. Beberapa bagian mesin sebaiknya disemprot cairan anti karat, sebab air hujan dan banjir rentan memicu karat. Perlakuan yang sama juga dianjurkan bagi sepeda motor bebek atau sport. Apabila baru melewati banjir dan terendam sampai tinggi, segera lakukan pengecekan agar kondisinya tetap prima. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply