Jangan Pernah Cuci Jok Motor Kulit Pakai Sabun

0
J OtomoTrends.com, Jakarta. Penggunaan jok kulit yang mulai banyak diaplikasikan pada dasarnya memiliki perawatan yang mudah. Tapi perlu diperhatikan bahwa kulit jok baiknya jangan dicuci saat membersihkan sepeda motor. Bahan kulit jok pada dasarnya memiliki lapisan pelindung yang berfungsi untuk menjaga kualitas warna dan tekstur kulitnya.

Pelindung tersebut sangat rentan dengan zat kimia, khususnya pada zat yang terdapat di cairan pembersih sepeda motor. Penggunaan material kulit pada sepeda motor belakangan ini tengah marak digunakan sebagai inovasi dari bosannya pemilik motor pada jok standar pabrikan. Namun ketahui juga bahwa jok kulit motor tidak boleh dicuci. Meski beberapa sampo cuci sepeda motor tidak memiliki zat kimia yang berbahaya untuk lapisan jok kulit, baiknya hindari membersihkan jok menggunakan sabun saat mencuci di tempat cuci pinggir jalan.

Untuk membersihkan kulit jok sebenarnya sangat mudah tanpa harus menggunakan cairan seperti sampo atau sabun yang belum diketahui pemilik motor apakah bisa merusak lapisan kulit jok atau tidak. Sebenarnya jok kulit perawatannya mudah. Hanya saja jika sampai dicuci maka dikhawatirkan dapat memicu kerusakaan.

Baca Juga: Foto Force India Rilis Mobil Untuk F1 2017 Warna Pink

Bahan kulit seringkali dilengkapi dengan pelindung khusus yang cukup rentan dengan bahan-bahan kimia. Bisa jadi kulit yang dipakai pada jok memiliki sensitivitas tinggi pada bahan kimia pembersih kendaraan. Sementara itu untuk membersihkan jok kulit tidak perlu cairan apapun. Cukup pakai air hangat untuk membersihkan noda dan debu yang menempel. Cara ini cukup aman dan bisa menjaga keawetan jok. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply