Inilah Alasan Mengapa Sepeda Motor Tak Laku Dijual di Jepang

0
I OtomoTrends.com, Jakarta. Sangat berbeda dengan di Indonesia dimana motor bebek merupakan motor primadona pilihan masyarakat. Di Jepang tempat 4-samurai bermarkas (Honda Yamaha Suzuki Kawasaki. Saat ini terdapat dua tipe motor bebek dilihat dari kapasitas mesin yaitu motor bebek 50cc dan 110cc.

Jepang adalah raja produsen sepeda motor di Asia, bahkan di Indonesia mayoritas kendaraan roda dua yang mengaspal adalah produk negara tersebut. Akan tetapi di Jepang sendiri, sepeda motor ternyata kurang diminati oleh penduduknya. Sangat jarang melihat motor berseliweran di jalanan. Paling hanya satu dua saja orang yang memilih menggunakan kuda besi itu. Ternyata alasannya ada beberapa.

Pertama, transportasi umum di Jepang banyak dan tepat waktu serta mudah dijangkau. Mulai dari kereta api, KRL, bus, bahkan taksi siap melayani penumpang dengan baik. Kondisinya juga bersih dan nyaman. Naik transportasi umum jauh lebih murah karena tidak harus bayar parkir yang mahal di Jepang. Sekali parkir di Jepang seseorang harus membayar sekitar 200 yen per jam.

Itu bisa lebih mahal lagi sebab tergantung musim dan wilayah. Jika musim dingin dan salju, tidak sembarang tempat parkir buka. Untuk mengurus SIM di Jepang juga bukan hal yang mudah serta murah. Surat izin mengemudi (SIM) C untuk motor 200 cc biayanya hampir setara SIM mobil.

Baca Juga: Gambar Zebra Cross 3 Dimensi Bikin Pengendara Ogah Ngebut

Itu sebabnya orang Jepang banyak yang memilih mobil ketimbang motor, sebab biayanya hampir sama. Jepang juga memiliki empat musim yang membuat penggunaan sepeda motor akan sulit jika sedang musim dingin dan salju. Tak heran, negara itu lebih memilih mengekspor sepeda motor buatannya karena di negaranya sendiri tak laku. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply