Cara Mudah Mengecek Merawat Penyebab Pengapian Motor Yang Rusak

0
O OtomoTrends.com, Jakarta. Sistem pengapian pada sebuah kendaraan bermotor memiliki fungsi untuk membakar uap bahan bakar yang masuk pada ruang pembakaran. Untuk itu, cara merawat pengapian motor yang rusak sangatlah penting untuk dilakukan. Pasalnya apabila pengapian hilang maka proses pembakaran tak akan terjadi dan mesinnya pun mustahil akan hidup.

Setiap pemilik kendaraan bermotor pengetahuan tentang ciri-ciri, penyebab, mengecek, cara merawat pengapian motor yang rusak tampaknya menjadi hal wajib yang harus dipahami. Berikut ciri-ciri, penyebab, mengecek, cara merawat pengapian motor yang rusak. Koil mengalami masalah, Koil bermasalah menjadi salah satu ciri-ciri dan penyebab pengapian motor yang rusak. Pasalnya koil ini memiliki fungsi yang berkaitan dengan sistem pengapian. CDI sudah tak layak pakai, ciri jika CDI ini sudah wajib ganti yaitu bisa dilihat dari percikan busi yang hilang dan mesin terasa tersendat ketika menginjak putaran tinggi.

Berikut cara mengecek pengapian motor yang benar. Bisa melepas busi dari tempatnya lalu tempelkan busi pada blok mesin dan starter. Jika busi memercikan api dengan warna biru maka businya normal. Akan tetapi jika percikan apinya berwarna merah maka segera ganti busi. Dilihat pada koil, langkah ini dilakukan ketika busi dalam kondisi normal namun mesin motor tak kunjung hidup.

Baca Juga: Satu Platform Nissan Mitsubishi Tunda Outlander Terbaru 2017

Berikut cara merawat pengapian motor. Rutin membersihkan busi juga merupakan salah satu cara merawat pengapian motor. Pembersihan kabel tegangan tinggi juga perlu untuk mencegah adanya konsleting. Jangan lupa juga untuk membersihkan rotor maupun tutup distributornya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply