Alasan Kanopi Motor Untuk Lindungi Pengendara dari Hujan Tak Aman?

0
A OtomoTrends.com, Jakarta. Kanopi motor atau atap motor sudah ada sejak lama di luar negeri. Tentu, kanopi motor itu dibuat oleh pabrik. Tujuan daripada pembuatan kanopi motor itu adalah agar pengemudi tidak kehujanan, kepanasan, kena angin kencang atau kena debu. Belakangan ada inovasi baru berupa jas hujan yang bentuknya seperti kanopi, dan dapat langsung dipasang di sepeda motor.

Melihat penampakannya, kaum wanita banyak yang tertarik dan ingin memasang pula jas hujan kanopi itu ke sepeda motor mereka. Guyuran air hujan tidak akan mengenai tubuh pengemudi dan penumpangnya, demikian pula bila digunakan pada saat sinar matahari terik, panas tak akan mengenai kulit. Inovasi ini pun dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau di beberapa toko online. Namun pertanyaannya, apakah jas hujan kanopi atau payung kanopi di sepeda motor ini aman digunakan?

Menjawab pertanyaan keamanan bagi pengguna kanopi sepeda motor tersebut, Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menjelaskan. Untuk kecepatan 40 km/jam ke bawah dan tidak ada badai masih oke. Maksudnya, sepeda motor yang menggunakan kanopi plastik itu sebaiknya tidak dipacu lebih dari 40 km/jam. Kondisi cuaca pun sebaiknya bukan merupakan hujan ditambah angin kencang. Motor bisa hilang kendali jika melebihi kecepatan tersebut.

Baca Juga: Harga Spesifikasi Wuling Cortez Resmi Tantang Toyota Innova

Kanopi tersebut juga lebih beresiko patah jika sepeda motor dipacu dengan kecepatan tinggi, apalagi dalam kondisi angin dan hujan deras. Walau demikian, penggunaan kanopi ini memang memudahkan bagi kaum ibu sebab tak perlu repot mengenakan jas hujan lagi, apalagi jika sedang membonceng anak-anaknya ke sekolah. Harga yang ditawarkan untuk satu unit kanopi plastik ini terjangkau, berkisar antara Rp250 ribu Rp350 ribu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply