Tips Nyalakan AC Saat Mudik Agar Nyaman

0
T OtomoTrends.com, Jakarta. Untuk musim mudik biasanya kondisi jalan macet selama berjam-jam. Makanya suhu optimal perlu didapatkan untuk kenyamanan pengendara maupun penumpang. Mudik menjelang Lebaran biasanya dipadati banyak kendaraan bermotor. Saat lalu lintas padat, AC mobil menjadi perangkat yang sangat penting demi kenyamanan pengendara maupun penumpangnya.

AC mobil saat ini sudah menjadi bagian terpenting dalam berkendara. Utamanya dalam berkendara adalah kenyamanan dan keamanan. Keamanan dari tindak kejahatan, misalnya mobil tidak pakai AC, kita mesti buka jendela dari situ penodongan bisa terjadi. erlama-lama di dalam kabin mobil saat macet dan terlalu lama kalau misalnya tidak ada AC pasti kita tidak akan nyaman, serasa di sauna.

Mudik menuju kampung halaman menjelang lebaran banyak yang menggunakan kendaraan pribadi. Agar perjalanan lebih nyaman, suhu kabin mobil perlu diperhatikan. AC mobil menjadi perangkat penting dalam kenyamanan mudik. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan meski menyalakan AC tidak ada ketentuan khusus.

Pertama, jangan membuka jendela saat macet. Itu untuk menghindari gas buang kendaraan masuk ke dalam kabin mobil. Maka dari itu, agar pengendara tidak membuka jendela saat macet, disarankan menyalakan AC. Menyalakan AC juga suhunya tak perlu sampai terlalu dingin.

Baca Juga: Spesifikasi CX-3 Jadi Andalan Baru Mazda di Indonesia

Kedua, disarankan apabila penumpang banyak atur kecepatan blower minimal di angka 2. Agar sisa gas buang manusia berupa karbon dioksida bersirkulasi karena juga berbahaya. Ketiga, kecepatan suhu disesuaikan dengan kebutuhan. Susanto menyarankan agar menyalakan AC jangan terlalu di suhu rendah. Karena kerja sistem AC berat dan bensin akan cepat habis. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply