Tips Merawat Audio Mobil Agar Selalu Menghasilkan Suara Berkualitas

0
T– Sistem audio mobil merupakan salah satu aksesoris tambahan yang digemari banyak orang. Terutama para pemilik mobil yang menyukai musik. Pasti sangat menyenangkan bila bisa mendapatkan sistem audio mobil terbaik dengan harga terjangkau. Sekarang banyak audio mobil bekas dijual untuk melengkapi sistem audio di mobil lainnya. Kita pun makin leluasa memilih sistem audio mobil baru atau bekas sesuai budget. Selain memilih produk dengan kualitas terbaik, kita juga harus terampil merawat audio mobil. Supaya kualitas sistem audio tersebut tetap prima meski sudah lama digunakan. Ikuti beberapa tips ini agar nanti kita tak mengalami kesulitan akibat kerusakan audio mobil:

Sistem Audio Orisinal Pasti Lebih Berkualitas

Tak jadi masalah bila kita ingin membeli sistem audio baru atau bekas. Asalkan kita memastikan bahwa kita mendapatkan produk sistem audio orisinal. Biasanya sistem audio orisinal juga dilengkapi panduan pemasangan dan garansi resmi. Sehingga kita tak akan kerepotan bila sistem audio tersebut mengalami kerusakan. Kita akan mendapatkan jaminan berupa layanan purna jual untuk memperbaiki sistem audio mobil yang rusak.

Selalu Menggunakan CD Orisinal

Jika kita masih menggunakan sistem audio mobil dengan format CD, alangkah lebih baik bila kita selalu menggunakan CD orisinal. Karena sistem audio mobil didesain khusus untuk mengidentifikasi file dari CD asli. Penggunaan CD bajakan hanya akan memperberat kinerja sistem audio. Hingga akhirnya hal tersebut berisiko memperpendek usia sistem audio mobil.

Mematikan Sistem Audio Terlebih Dahulu

Sebelum kita mematikan mesin mobil, alangkah lebih baik bila kita mematikan sistem audio mobil terlebih dahulu. Jika kita mematikan mesin mobil lebih dulu, maka aliran listrik ke sistem audio mobil jadi kurang stabil. Akibatnya, ketidakstabilan aliran listrik bisa memicu kerusakan komponen audio mobil. Kita harus memulai kebiasaan sederhana ini dari sekarang.

Membersihkan Komponen Optik pada Sistem Audio

Sistem audio mobil juga harus dibersihkan secara berkala agar tak ada kotoran yang mengganggu kinerja komponen sistem tersebut. Komponen optik adalah bagian paling sensitif yang harus dibersihkan. Kita wajib menggunakan produk pembersih khusus agar tak menyebabkan kerusakan komponen optik. Bersihkan dengan hati-hati menggunakan kain lap micro fiber sehingga bagian optik tersebut tak mudah tergores.

Jangan Menyetel Volume Hingga Batas Maksimal

Menyetel volume audio hingga batas maksimal akan mengakibatkan komponen pada sistem audio tersebut bekerja ekstra keras. Akibatnya, komponen tersebut akan mudah mengalami kerusakan bahkan sulit diperbaiki lagi. Kita harus bijak menyetel volume dalam ambang batas normal supaya lebih nyaman didengar dan tak berisiko merusak sistem audio mobil.

Punya rencana melakukan modifikasi sistem audio mobil dalam waktu dekat?

Yuk siapkan dulu budget-nya dan mulailah memilih produk audio mobil berkualitas sesuai kebutuhan kita.

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply