Spesifikasi Mobil Desa Meluncur Akhir Tahun, Harga di Bawah Rp100 Juta

0
S OtomoTrends.com, Jakarta. Sebelumnya Kementerian Perindustrian tunggu penampakan mobil pedesaan atau (AMMDes) di pasaran pada kuartal III tahun 2018. Program Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), sejalan dengan Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK. Yakni membangun Indonesia dari pinggiran serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis. Menperin menjelaskan, kendaraan pedesaan dirancang dengan dua fungsi sekaligus, yakni fungsi transportasi untuk memobilisasi hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, serta fungsi alat produksi dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan.

Dengan fungsi mutiguna tersebut, kendaraan ini diklaim ideal untuk meningkatkan konektivitas antara pusat ekonomi di kota dan pusat penghasil kebutuhan pokok di desa. AMMDes didesain dengan memaksimalkan kemampuan industri kita melalui penggunaan komponen yang dibuat di dalam negeri terutama oleh industri kecil dan menengah (IKM). Selain itu, spare part mudah didapat di pasaran serta pemilihan atau adopsi teknologi yang sesuai dengan kondisi alam dan demografi Indonesia. AMMDes atau Alat Mekanisasi Multiguna Pedesaan yang digunakan sebagai nama kendaraan pedesaan akan diluncurkan akhir tahun ini. Harga A MDes direncanakan di bawah Rp100 juta.

Kementerian Perindustrian telah mengumumkan PT Astra Otoparts Tbk, melalui anak usahanya yaitu PT Velasto Indonesia bersama PT Kiat Inovasi Indonesia membentuk konsorsium dengan mendirikan PT Kiat Mahesa Wintor Nusantara (KMWN). Proses membuat kendaraan sampai pada tahap prototipe berbeda dengan memproduksi massal.

Sebab, guna mencapai tahap produksi massal memerlukan beberapa tahapan, di antaranya adalah membentuk entitas usaha, menyiapkan sumber daya manusia, serta membuat prototipe produk yang akan diproduksi dan telah melewati uji teknis, uji laik jalan dan tes ketahanan mobil.

Baca Juga: Kelemahan Memakai Ban Tubeless Pada Kendaraan, Waspadalah!

Pemerintah menyiapkan regulasi untuk AMMDes yang menurut rencana Kemenperin akan diumumkan sebelum waktu peluncuran mobil niaga tersebut akhir tahun ini. Dalam regulasi tersebut berisi poin-poin tingkat keamanan dan fitur-fitur pada kendaraan. Dalam regulasi itu juga akan menentukan harga jual kendaraan pedesaan sehingga dapat dijangkau petani dan pengusaha dalam negeri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply