Rencana Lamborghini Ikut Balapan Le Mans

0
R OtomoTrends.com, Jakarta. Lamborghini mengikuti jejak perusahaan mobil lainnya seperti Aston Martin, Toyota, dan Scuderia Cameron Glickenhaus, yang sudah menyatakan bakal berpartisipasi di ajang balapan bergengsi itu. Perusahaan supercar asal Italia, Lamborghini, mengakui ketertarikannya untuk mengikuti balap ketahanan dunia dan Le Mans 24 Hours tahun 2020 mendatang.

Ada diskusi dan kami ingin memahami peraturan (balap itu-Red) untuk melihat apakah itu menarik. Tidak ada yang bisa dikatakan sampai evaluasi selesai, dan pada saat itu jawabannya bisa ya atau tidak. Tapi untuk saat ini, itu mungkin. Sekadar informasi, pada 2020 mendatang kelas hypercar akan menggantikan kelas LMP 1 (Le Mans Prototypes) khusus manufacturing. Di kompetisi ini, pabrikan peserta harus bersaing dengan sekitar 20 model kendaraan berbasis jalan raya (street-legal) yang sudah berusia kurang lebih 2 tahun. Aturan lain, mobil-mobil peserta harus memiliki berat maksimum setidaknya 1.100 kg, dengan output tenaga rata-rata 738 dk. Sistem hybrid tidak wajib, tetapi boleh digunakan dan powernya dibatasi pada 268 dk. Untuk mengikuti ajang balap ketahanan bergengsi tersebut, Lamborghini tidak akan membuat mobil baru, karena anggaran yang terbatas.

Pabrikan ini akan menggunakan model hypercar yang sudah pernah dibuat, SC18. Lamborghini tidak memiliki anggaran untuk mengembangkan hypercar baru, tapi SC18 menunjukkan bahwa Lamborghini memiliki kemampuan internal untuk proyek semacam itu. 24 Hours of Le Mans (24 Heures du Mans dalam bahasa Prancis) adalah balapan ketahanan tertua, digelar sejak 1923 di kota Le Mans, Sarthe, Prancis.

Dikenal sebagai Grand Prix of Endurance (yang berarti Grand Prix Ketahanan), balapan itu di orgainisir oleh Automobile Club de l’Ouest (ACO) dan dilakukan pada sirkuit dengan jalur publik tertutup yang berarti tidak hanya menguji kekuatan sebuah mobil dan supirnya untuk kuat, tetapi juga untuk bertahan dalam waktu 24 jam.

Baca Juga: Ini Syarat Mobil Listrik Rilis Bulan Depan

24 Hours of Le Mans adalah bagian ronde ketiga dari FIA World Endurance Championship sejak tahun 2012. Sekarang telah menjadi bagian ronde kedua dan kedelapan dari WEC sejak musim 2018-2019. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.