Oplet Jadul Sinetron Si Doel Anak Sekolahan Laku Ditawar Rp1 Miliar

0
O OtomoTrends.com, Jakarta. Kendaraan umum jadul pernah meramaikan jalan di Jakarta. Nama kendaraan seperti Helicak, Bemo dan Oplet sudah tidak beroperasi lagi di Jakarta. Ini adalah transportasi yang sudah ada sejak masa Hindia Belanda ketika Jakarta masih bernama Batavia. Awalnya trem digerakan dengan tenaga kuda.

Di tahun 1881, trem berkuda digantikan dengan trem beruap. Lalu 20 tahun kemudian muncul trem listrik hingga kejayaannya berakhir di tahun 1960. Karena presiden Indonesia saat itu, Ir. Soekarno, menganggap kalau trem kurang cocok berada di wilayah Jakarta. Oplet, kendaraan ini identik dengan sinetron Si Doel.

Jika mau dibandingkan, oplet jauh lebih nyaman dari pada bemo. Selain luas, mesin oplet juga tidak berisik. Yang menarik, oplet yang berasal dari produk Morris dan Austin ini hampir seluruh bodynya terbuat dari kayu. Oplet jadul yang digunakan oleh Mandra dan Si Dul di sinetron tersebut masih ada hingga kini dan terawat baik.

Padahal oplet tersebut diproduksi pada tahun 1957 yang berarti sudah 60 tahun usianya. Namun ternyata nilai oplet fenomenal itu malah makin tinggi. Rano Karno, pemeran Si Dul yang kini menjadi mantan Gubernur Banten berkisah bahwa ada kolektor yang sudah menawar sampai Rp1 miliar demi memperolehnya.

Si penawar juga sudah berusia senja, sekitar 70 tahun dan ingin membeli properti syuting sinetron yang sempat booming di RCTI tahun 1994-an tersebut. Walau begitu, Rano Karno mengaku masih sayang dan tak akan melepaskannya sebab ada banyak nilai kenangan di oplet tua tersebut.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Sepeda Motor Tak Laku Dijual di Jepang

Padahal oplet itu malah tidak punya surat-surat kendaraan lengkap. Selain karena kenangan, oplet itu juga masih akan digunakan untuk keperluan syuting selanjutnya. Rano berkata bahwa film Si Doel Anak Sekolahan The Movie akan segera dibuat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply