Mobil Terbang Jadi Kenyataan Meluncur pada 2021

0
Dunia otomotif akan memasuki era baru yang sarat teknologi. Kemajuan tersebut sudah nyata dan segera lahir kara ada beberapa bukti nyata. Wujudnya adalah kendaraan masa depan yang bisa mengudara. Adalah perusahaan asal Slowakia, AeroMobil yang merancang prototipe unit mobil terbang.

Bentuknya memang terlihat berbeda dengan kendaraan roda empat pada umumnya, malah menyerupai pesawat jet dengan ukuran yang lebih kecil. Wajah depan meruncing layaknya F16, tetapi punya dua roda depan seperti mobil sport biasa.

Bagian belakang benar-benar revolusioner dengan desain utuh mirip pesawat terbang, tetap dengan dua ban berukuran lebih kecil. AeroMobil melakukan pengujian di selatan Austin, Texas, Amerika Serikat.

Mobil terbang ini diharapkan bisa bersaing dengan genre mobil mewah, tetapi punya kelebihan mengudara yang tidak bisa dilakukan mobil lain. Pada video komersial, terlihat mobil ini punya dua kursi dan berdaya jelajah sampai 700 kilometer. Kecepatan saat lepas landas 130 kpj dan kecepatan maksimal di udara 200 kpj, dengan fungsi otopilot.

Mobil Terbang Jadi Kenyataan Meluncur pada 2021

Mobil yang punya kemampuan terbang seperti pada film Back to the Future akan meluncur pada 2021. Mobil terbang itu adalah produk pabrikan Amerika Serikat, Terrafugia, bernama TF-X. Terrafugia TF-X sudah diperkenalkan sebelumnya. Namun, mobil yang kini punya sayap seperti pesawat terbang dan diklaim legal dipakai di jalan ini punya berbagai pembaruan. TF-X sekarang menggabungkan semua kecanggihan otomotif. Semua desain eksterior dibuat baru. Tampang depan versi konsep 2013 yang seperti ikan lele diganti dengan hidung yang lebih mengerucut. Tampilannya kini lebih klimis. Selain menunjang desain modern, rancangannya juga tentu sangat memperhatikan aerodinamis. Di darat, TF-X bergerak menggunakan mesin bensin plug-in hibrida berkekuatan 300 tenaga kuda (tk) yang juga berperan membantunya untuk lepas landas secara vertikal seperti helikopter. Saat mengangkasa, geraknya kebanyakan didorong mesin pesawat terbang buatan Rotax berkekuatan 100 tk.

Mobil Terbang Jadi Kenyataan Meluncur pada 2021

Karena menggunakan model plug-inhibrida, mesin bensin TF-X akan membantu mengisi ulang baterai. Bila terbang secepat 160 kpj, mobil dengan 4-penumpang ini bisa menempuh jarak hingga 650 km. Kecepatan tertinggi di udara dikatakan mencapai 320 kpj. Kerja terbang TF-X dikendalikan sistem otonomos hingga ke landasan pacu yang dituju.

Baca Juga: Harga Jual KIA New Sportage 2015 OTR Jakarta Terbaru

Selama perjalanan, pilot bisa mengoreksi atau mengambil alih kendali untuk keamanan. Terrafugia belum menetapkan harga TF-X, tetapi sudah dipastikan akan lebih mahal dari mobil pada umumnya.

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply