Mobil Ini Bisa Dilipat Jadi Lebih Kecil, Biar Gampang Parkir

0
M OtomoTrends.com, Jakarta. Terinspirasi dari film Transformer, Earth-1 adalah mobil yang menggunakan tenaga listrik untuk berjalan. Mencari tempat parkir di perkotaan saat ini sudah begitu sulit, sebab membludaknya jumlah kendaraan. Apalagi di negara dengan harga lahan yang sangat mahal semisal di Jepang, parkir sudah jadi barang mewah namun dibutuhkan. Murahnya lahan parkir ternyata menciptakan masalah tersendiri. Misalkan saja di Jakarta, kenaikan tarif parkir dirasa diperlukan untuk memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Dan masalah parkir murah tidak saja menjadi masalah di Indonesia, tarif parkir di jalanan Hong Kong dirasa terlalu murah dan tidak sebanding dengan kenaikan harga properti. Mirisnya, dengan harga parkir yang murah untuk kendaraan. Ternyata untuk memiliki properti sangatlah mahal. Tempat tinggal rumah susun (nano flats) ukurannya lebih kecil dibanding lahan parkir per mobil. Untuk memecahkan masalah lahan parkir yang kian sempit, sebuah kendaraan roda empat dibuat dengan kemampuan melipat diri agar menjadi lebih kecil. Kendaraan yang diberi nama Earth-1 ini, merupakan mobil listrik.

Meskipun baru sebatas konsep, namun mobil yang terinspirasi dari robot transformers ini memang cukup menarik, dan dapat menjadi solusi lahan parkir yang sulit. Earth-1 ini sendiri dirancang oleh kartunis Yunio Okawara, yang terkenal dibalik robot Gundam. Untuk pengembangan mobil ini, dilakukan oleh perusahaan startup, Four Link System. Mobil ini, juga dipersiapkan untuk generasi muda.

Baca Juga: Kini Parkir Valet Bisa Gunakan Robot, Tak Perlu Pakai Supir!

Dengan tampilan yang kecil, dan bisa dilipat, mobil ini cocok untuk kaum milineal yang nantinya sudah bisa memiliki kendaraan. Untuk harganya, mobil ini bakal dipasarkan dengan harga US$ 70.000 (setara Rp 1 miliar). Earth-1 nanti akan dikembangkan oleh perusahaan startup, Four Link System yang berbasis di Jepang. Bentuk tampilannya memang sudah mungil, dan dapat dilipat seperti layaknya mainan origami. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.