Minitrans Bus Pengganti Metromini yang Tinggal Kenangan

0
M OtomoTrends.com, Jakarta. Setelah sempat berjaya sejak kemunculannya di tahun 1960-an, Metromini kini tengah memasuki masa senja. Tahun 2018, merupakan batas akhir bus bercorak khas oranye ini di Jakarta. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, mengungkapkan saat ini jumlah armada Metromini secara bertahap dikurangi dengan cara tak lagi mengeluarkan izin operasi. Izin operasi akan habis secara bertahap.

Jika mau tetap melanjutkan operasi, PT Metromini dan para pemilik Metromini diwajibkan mengganti armadanya sesuai dengan spek yang sudah ditetapkan. Saat ini, pengganti Metromini ini berupa bus model Minitrans. Sementara Metrotrans merupakan versi besar dari Minitrans. Izin yang diperpanjang oleh Dishub DKI Jakarta sebenarnya tak hanya untuk Metromini. Namun juga berlaku untuk moda angkutan umum lain yang sudah habis masa usia kelayakannya seperti Kopaja dan Metromini. Moda transportasi tersebut bakal menyusul bajaj 2 tak yang sudah lebih dulu lenyap dari jalanan ibu kota. Jika mengacu pada aturan yakni Peraturan Daerah No. 5 tahun 2014 tentang Transportasi, seharusnya Metromini sudah tak beroperasi sejak 2016 lalu.

Namun demikian, Dishub DKI Jakarta memberikan kelonggaran untuk pengusaha Metromini. Selain itu, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 29/2015 tentang Standar Pelayanan Minimum yang merupakan revisi dari Permenhub Nomor 98/2013 dan berlaku di 2018, ada sejumlah syarat lain yang harus dipenuhi. Beberapa syarat angkutan umum antara lain harus memiliki penyejuk udara.

Baca Juga: Ini Buktinya Mobil Buatan Jepang Lebih Kuat dari Mobil Eropa

Dari tampilan luar, dengan memasang fitur yang telah disematkan di tubuh TransJakarta, kedua bus yang akan menggantikan Metromini Cs ini lebih modern. Jeroannya jauh lebih wah daripada transportasi kita pada umumnya. Melihat fungsinya yang menjadi perantara antara jalur non koridor dan halte TransJakarta, Minitrans memiliki tubuh mungil dibanding Metrotrans. Di dalamnya, ada 17 kursi yang dapat digunakan oleh penumpang. Sehingga Minitrans memiliki kapasitas hingga 30 penumpang didalamnya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.