Kini Tak Bayar Pajak 3 Tahun Lebih Kendaraan Bisa Disita Petugas

0
K OtomoTrends.com, Jakarta. Saat ini bagi pemilik kendaraan roda empat maupun roda dua yang belum membayar pajak lebih dari tiga tahun hendaknya segera memenuhi kewajibannya. Jika tidak petugas akan menyita kendaraan mereka. Rencananya kebijakan itu akan dimulai mulai 11 Agustus 2017 melalui operasi besar-besaran yang dilakukan aparat kepolisian dan Jasa Raharja.

Tindakan tegas tersebut diambil sebagai upaya mengejar penunggak pajak kendaraan. Sebelumnya mereka telah melakukan sosialisasi untuk menggugah masyarakat segera membayar pajak kendaraan, termasuk menghapus denda penunggak pajak kendaraan yang besarnya 2%.

Untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut, Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) telah menandatangani kerjasama dengan Polda Metro Jaya dan PT Jasa Raharja CabangDKI (Jasa Raharja) tentang Optimalisasi Penerimaan Pendapatan Daerah dan Pendapatan Pusat melalui Pemeriksaan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) serta Pengesahannya.

Selain menyita kendaraan, pemilik kendaraan juga terancam denda sebesar Rp 500.000 per hari jika tidak segera melunasi atau menebus kendaraannya. Operasi akan dilakukan melalui pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan.

Pengemudi dan kendaraan bermotornya akan diperiksa kelengkapan persyaratan teknis dan laik jalan serta kelengkapan persyaratan administratif lainnya. Selain di jalan, pemeriksaan juga akan dilakukan di kantong-kantong parkir, bahkan kediaman wajib pajak (door to door). Nantinya pelaksana pemeriksaan terlebih dahulu melakukan rapat koordinasi dan sosialisasi.

Baca Juga: Datsun Pamer Mobil Datsun GO live Terinspirasi Dari Jakarta Pertama Di Dunia

Namun aparat tidak menyebut akan ditaruh di mana kendaraan yang terjaring razia tersebut. Dengan langkah itu akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajibannya. Pastinya mengoptimalkan penerimaan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), PKB, BBN-KB, dan SWDKLLJ serta penerimaan retribusi. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply