Kini Merokok dan Dengar Musik Saat Berkendara Terancam Penjara

0
K OtomoTrends.com, Jakarta. Sebelumnya pemerintah Inggris membuat sebuah peraturan baru bagi para pengemudi kendaraan roda empat. Peraturan tersebut melarang pengemudi untuk merokok selama mengemudikan mobil. Peraturan ini lebih dikhususkan bagi mereka yang mengemudi sambil merokok, namun membawa penumpang anak-anak berusia di bawah 18 tahun. Jika terbukti ada yang melanggar, kepolisian akan mengenai denda sebesar 50 pounsterling, atau sekitar Rp1,1 jutaan.

Bagi yang terbiasa merokok atau mendengarkan musik kencang saat sedang berkendara, mulai 1 Maret 2018 kebiasaan itu sebaiknya Anda tinggalkan. Polda Metro Jaya telah mengeluarkan larangan dan tak segan untuk menindak pengemudi yang melanggar, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat. Menurut Kasubdit BinGakkum Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, sanksi yang akan diberikan pada pengemudi yang melanggar adalah denda Rp 750 ribu atau kurungan maksimal tiga bulan. Pengendara tersebut bisa dikenakan pasal 106 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Alasan dikeluarkannya larangan merokok dan mendengar musik saat berkendara adalah karena hal itu berpotensi mengurangi konsentrasi saat berkendara.

Resikonya tentu bisa terjadi kecelakaan. Sudah kronis, banyak pengendara Indonesia yang melanggar peraturan ketika di jalan raya dan itu dianggap biasa. Salah satu kebiasaan buruk yang kerap ditemui yakni merokok sambil berkendara, entah mobil atau motor.

Baca Juga: Tampilan Harga Spesifikasi Toyota New Yaris Terbaru 2018

Bunyi Pasal 106 ayat 1 yang dikaitkan dengan larangan merokok serta mendengar radio atau musik saat berkendara adalah: setiap pengendara kendaraan bermotor wajib berlaku wajar dan penuh konsentrasi. Penuh konsentrasi adalah penuh perhatian dalam arti tidak boleh melakukan kegiatan atau dipengaruhi oleh situasi yang dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Misalnya capai, lelah, ngantuk, gunakan handphone, terpengaruh alkohol, narkotika dan lain-lain. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply