Kelemahan Memakai Ban Tubeless Pada Kendaraan, Waspadalah!

0
K OtomoTrends.com, Jakarta. Pada umumnya musuh terbesar dari ban adalah paku atau benda-benda tajam yang terkadan berserakan di jalanan. Ada kalanya paku tersebut tertancap ke ban sehingga membuat ban bocor. Hal inilah yang kerap dialami oleh pengendara. Oleh karena itu pengguna jalan diharuskan untuk selalu waspada dan berhati-hati ketika melintasi jalanan. Sebuah kendaraan bermotor terdiri dari banyak sekali komponen. Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi dan peran masing-masing.

Salah satu di antaranya adalah ban. Komponen ini memiliki tugas utama yang sangat penting, yakni menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk membuat kendaraan menjadi bergerak. Perlu diketahui, setiap kendaraan membutuhkan jenis ban mobil baru dan motor baru yang berbeda-beda. Selain itu ada beberapa teknik tertentu dalam hal perawatannya agar ban tersebut dapat tahan lama. Memang ban tubeles kuat walau menggilas paku dan benda tajam lain, ia tak mudah bocor atau kempes. Selain itu, saat melaju lebih mampu menggigit jalan dan juga stabil saat kondisi menikung dengan kecepatan tinggi. Di sisi lain, karena kelebihan itu harga ban tersebut jadi lebih mahal.

Usia ban juga disebut lebih pendek dibanding ban konvensional. Umumnya ban tubeles bisa dipakai dalam performa baik hanya satu tahun saja. Karena tidak memakai ban dalam, ban tubeles lebih keras dan struktur karetnya padat serta tebal. Jika jalan yang dilintasi tidak mulus maka kondisi tersebut membuat pelek lebih cepat rusak. Tubeles juga hanya cocok dipergunakan untuk pelek racing, tidak bagus untuk pelek jari jari.

Baca Juga: Tips Ampuh Bersihkan Baret Kaca Mobil Tanpa ke Salon

Cara merawat ban jenis ini pun agak berbeda dari ban biasa. Beban yang diberikan pada ban ini juga harus sesuai, dan tidak berlebihan. Jika bocor jangan buru buru menutup dengan lem sebab dapat memicu kerusakan permanen di bagian lain yang tidak bocor. Jangan mengurangi tekanan angin ketika ban masih dalam keadaan panas, tunggu hingga dingin dahulu. Saat ban kempes jangan dipaksa untuk berjalan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.