Inilah Solusi dan Syaratnya BPKB Hilang

0
I OtomoTrends.com, Jakarta. Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) juga bisa dibuat duplikatnya jika terjadi kehilangan. Perwira Administrasi Tata Usaha Seksi Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan pembuatan duplikat BPKB cukup lama sampai berbulan-bulan.

Pembuatan duplikat BPKB yang memakan waktu berbulan-bulan karena proses melengkapi persyaratan dari pihak pelapor. Dari proses pengumpulan persyaratan itu, mencari tiga media nasional dan menunggu hasil pengumuman kehilangan dari media yang sudah menyetujui jadi proses yang paling memakan waktu. Saat ini siapa yang meragukan pentingnya Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Dijamin setiap pengendara di Indonesia pasti paham sekali akan pentingnya sebuah BPKB. Lalu bagaimana jika BPKB hilang? BPKB Otolovers bisa diurus di pihak berwajib. Karena jika BPKB hilang, dapat dibuat duplikatnya. Lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi kalau ingin membuat duplikat BPKB.

Dijelaskan Perwira administrasi Tata Usaha Seksi Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) Ditlantas Polda Metro Jaya, ada tiga syarat yang wajib untuk mengajukan duplikat BPKB. Harus bikin surat kehilangan dari Kepolisian, paling rendah Polres, kalau mau bikin persyaratan bikin duplikat BPKB dari Polres atau Polda. Kemudian nanti dibikin berita acara di reserse, berita acara pemeriksaan di reserse.

Baca Juga: BMW Siapkan Model SUV Untuk Generasi Milenial Terbaru 2017

Kemudian pihak pelapor kehilangan juga wajib menyertakan kendaraan yang tercantum pada BPKB yang hilang. Dihadirkan kendaraannya untuk cek fisik, kemudian diberikan berita acara cek fisik. Lalu, pihak pelapor juga harus mencari minimal tiga media nasional yang bisa mengumumkan kehilangan BPKB yang dialaminya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply