Ini Alasan Mobil Suzuki Buatan Indonesia Dilarang Masuk Vietnam

0
I OtomoTrends.com, Jakarta. Hingga saat ini Suzuki menjadi salah satu produsen otomotif di dalam negeri yang menunda ekspor mobilnya ke Vietnam. Padahal sebelumnya, secara rutin Suzuki selalu mengekspor sekitar 100-150 mobil per bulan ke Vietnam. Jumlah itu terdiri dari dua jenis low multi purpose vehicle (LMPV) Suzuki, yaitu Ertiga dan APV. Akibatnya Suzuki mengalami kerugian akibat dari penundaan ekspor tersebut.

Presiden Joko Widodo juga mengeluhkan proteksionisme pemerintah Vietnam di sektor otomotif dalam pertemuan dengan PM Nguyen Xuan Phuc di sela-sela KTT ASEAN-India di New Delhi, India pada hari Jumat 26 Januari 2018. Presiden Jokowi menganggap kebijakan Vietnam terkait impor sektor otomotif yang baru saja diberlakukan pada Januari 2018 itu, berdampak negatif bagi ekspor Indonesia ke negara di Asia Tenggara tersebut. Kepada PM Vietnam, Jokowi mengatakan kebijakan itu bisa mengganggu prospek kerja sama perdagangan kedua negara, yang dalam tiga tahun terakhir terus meningkat. Aturan baru tersebut menetapkan standar dan persyaratan kendaraan yang akan diimpor Vietnam.

Dalam pertemuannya, Jokowi juga meminta Vietnam memberi kesempatan bagi industri otomotif Indonesia untuk mempelajari lebih rinci kebijakan tersebut. Selain isu ekonomi, Nguyen dan Jokowi juga sepakat mempercepat penyelesaian perundingan batas wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) kedua negara. Hal itu dilakukan demi menghindari konflik di perairan.

Baca Juga: Inilah Detail Perubahan Ignis Sport Edition Terbaru 2018

Dikabaran sebelumnya, peraturan Pemerintah Vietnam No. 116/2017IND-CP tanggal 17 Oktober 2017, tentang persyaratan produksi dan impor kendaraan bermotor, yang efektif berlaku mulai tanggal 01 Januari 2018. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merespon dengan melayangkan surat bernomor 02/PG/XII/2017 yang disampaikan ke Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartasto Lukita, tertanggal 06 Desember 2017, Gaikindo menyebut jika kinerja ekspor otomotif dari Indonesia mengalami masalah. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply