Fakta Sebenarnya Kabar Viral Ban Hancur Karena Air Keras

0
F OtomoTrends.com, Jakarta. Dalam berkendara harus selalu berhati-hati, terutama ketika menggilas sesuatu di jalan, misalnya saja sampah atau botol plastik bekas air mineral. Demi antisipasi kejadian yang tidak diinginkan lebih baik menghindarinya daripada menerjangnya untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan kendaraan.

Sebagaimana peristiwa yang diunggah oleh akun @rodablog pada Selasa 17 Oktober 2017. Ban Bridgestone Ecopia EP150 milik Daihatsu Sigra mengalami pecah setelah melindas botol air mineral. Isi dari botol air mineral itu disebutkan berisi air keras. Kabar viral yang beredar melalui broadcast di media sosial dan grup Whatsapp tentang kondisi ban yang rusak akibat melindas botol plastik berisi air keras yang diletakkan oleh orang yang berniat jahat, cukup meresahkan para pengguna kendaraan.

Tak hanya itu, sebuah foto ban rusak dan jebol makin menambah keyakinan pembaca berita berantai itu bahwa kejadian tersebut benar adanya. Dan apakah benar ban yang tampak di foto pada pesan itu benar-benar rusak akibat air keras.

Menurut Proving Ground Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, kerusakan yang terlihat di ban tersebut seperti bukan akibat siraman air keras. Faktanya memang air keras bisa merusak ban, namun bagian yang akan rusak hanyalah bagian ban luar yang terkena saja.

Baca Juga: Sosok Nor Sakira Awee Montir Bengkel Mobil Cantik Viral di Medsos

Menilik foto yang viral itu, menurut Zulpata hanya dinding ban yang rusak, namun tapak dari ban tidak rusak seperti pada dindingnya. Saat tekanan angin kurang dan kendaraan dipaksa berjalan, maka yang menerima gesekan dan tekanan adalah dinding samping ban. Akibatnya bagian karetnya hangus serta benang ban bakal putus. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply