Daftar Kewajiban Pengemudi Taksi Online Versi Kemenhub

0
D OtomoTrends.com, Jakarta. Saat ini aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online diwajibkan untuk memberikan akses digital dashboard kepada pemerintah. Dengan demikian Grab, Gojek, dan Uber diwajibkan memberikan akses khusus bagi Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral, Kepala Badan, Gubernur, Bupati/ Walikota, sesuai kewenangannya.

Hal ini tertuang dalam perubahan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang diumumkan Plt Dirjen Perhubungan Darat. Namun dalam pengumuman tersebut tidak disebutkan data apa saja yang harus disajikan oleh penyedia layanan untuk pemerintah.

Dalam aturan tersebut, penyedia layanan transportasi online disebut sebagai aplikator. Aplikator ini juga diwajibkan untuk memberikan akses aplikasinya kepada kendaraan yang sudah memiliki izin penyelenggaraan angkutan sewa khusus. Tandanya adalah kendaraan itu sudah memiliki kartu pengawasan. Kartu pengawasan ini diusulkan oleh badan hukum.

Seperti telah ditetapkan sebelumnya, badan hukum atau perusahaan angkutan umum yang menaungi para pengemudi ini adalah koperasi jasa yang telah terdaftar di Kementerian Koperasi. Aplikator juga harus bekerjasama hanya dengan perusahaan angkutan umum yang telah memiliki izin penyelenggaraan dari pihak berwenang.

Izin yang harus diurus adalah izin penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. Aplikator juga diwajibkan untuk membuka kantor cabang dan menunjuk penanggung jawah kantor cabang di kota sesuai wilayah operasi mereka.

Baca Juga: Tragis Kematian Denis Kancil Pebalap Cilik Yang Bertalenta Besar

Secara singkat, pengemudi diwajibkan untuk menempelkan stiker khusus di kendaraan, memiliki SIM Umum sesuai golongan, dan berasuransi. Terkait tanda khusus berupa stiker, stiker ASK itu mesti ditempatkan di kaca depan kanan atas dan belakang serta di kanan dan kiri badan kendaraan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply