Cara Mudah Menghilangkan Serbuk Putih di Kepala Aki

0
C OtomoTrends.com, Jakarta. Akumulator atau dikenal sebagai accu atau baterai alias aki mempunyai peran penting pada kendaraan. Fungsinya untuk menyimpan energi listrik. Ketika digunakan, aki juga akan habis bahkan soak. Untuk mengetahui apakah masa pakai aki akan segara mati, setidaknya bisa dideteksi dengan beberapa cara. Gejala aki akan habis juga bisa dilihat dari beberapa perangkat yang berhubungan dengan kelistrikan.

Mulai dari lampu kurang bersinar dan juga bunyi klakson tidak nyaring. Untuk mengetahui lebih jelas apakah aki sudah habis atau belum bisa dilakukan dengan cara membuka langsung bagian aki. Jika aki terdapat serbuk putih, tentu hal yang harus dilakukan adalah membersihkannya. Salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan adalah mencopot kedua kabel dari kedua kutubnya dengan alat atau kunci yang pas.

Jika telah terlepas, siram beberapa kali bagian serbuk putih dengan air panas, hingga rontok. Selain air panas, ada juga disarankan untuk menaburinya dengan baking soda ataupun air soda tepat di bagian serbuk putih. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah melap bagian yang telah disiram hingga kering, kemudian berikan grease atau gemuk pada kutubnya.

Jika dibiarkan menggumpal, maka serbuk putih terserbut akan menjadi penghambat listrik ke bagian lainnya, termasuk saat menyalakan mobil. Serbuk putih pada aki tersebut pada dasarnya berasal dari cairan aki yang menguap. Permasalahan ini bisa saja terjadi lantaran adanya kebocoran atau retakan antara timah kepala aki atau plastik rumah aki itu sendiri.

Baca Juga: Harga Spesifikasi Honda CRF 150 2017 Segera Menandingi Kawasaki KLX150

Jika ini terlalu lama dibiarkan, tidak menutup kemungkinan performa dari komponen aki akan menurun. Selain itu, bagian logam yang tertimbun aki akan membuat korosi. Tentu saja jika sudah korosi, maka akan sulit untuk membuka atau mengencangkannya kembali. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply