Cara Mudah Mengatasi Mesin Mobil Panas Sulit Starter

0
C OtomoTrends.com, Jakarta. Meski saat ini sedang musim hujan namun disaat musim panas yang diikuti suhu meninggi pada siang hari, plus macet parah bisa jadi pemicu mesin mobil mendadak panas.

Padahal kedua faktor tersebut bukan penyebab utama mesin mobil overheat. Karena dalam kondisi mobil yang fit, suhu panas dan macet yang parah tidak akan menyebabkan mesin mobil overheat. Banyak faktor yang hal tersebut terjadi. Salah satu di antaranya sistem pendinginan mesin yang jarang mendapat perhatian. Ditambah dengan faktor kelalaian pemilik yang kerap mengesampingkan pentingnya mengecek kondisi air radiator. Sirkulasi air radiator yang kurang lancar biasanya disebabkan oleh karat akibat kadar air bereaksi dengan blok mesin. Salah satu manfaat selalu memeriksa kondisi air sebelum bepergian adalah untuk mengetahui volume air, masih cukup atau berkurang. Kebocoran dari tutup radiator biasanya terlihat adanya bekas karat di sekitarnya yang mengering.

Segera ganti tutup radiator, sementara untuk kebocoran dari selang dan sambungan lakukan perbaikan di bengkel resmi atau langganan Anda. Mesin mobil mengalami gejala overheat biasanya diawali dengan munculnya ngelitik yang berlebih pada mesin. Bagi yang menggunakan indikator jarum biasanya akan memperlihatkan peningkatan suhu.

Sementara yang memakai gambar, mesin akan langsung mati ketika overheat. Jika hal itu terjadi, segera pinggirkan mobil ke tempat yang aman, pasang segitiga pengaman agak jauh dari mobil. Mesin mobil panas sulit starter bisa disebabkan kondisi baterai atau aki yang sudah soak. Sedangkan apabila terjadi saat mesin sudah panas, namun sulit dinyalakan maka penyebabnya adalah dinamo starter rusak.

Lakukan pengecekan komponen dan fungsional dinamo starter. Bila ada kerusakan baiknya lakukan perbaikan dan penggantian peranti. Kerusakan dinamo starter sulit diprediksi. Umumnya alat secara secara tiba-tiba bermasalah.

Baca Juga: Tips Menghadapi Konvoi Moge Harley Arogan

Karena itu sebaiknya lakukan servis berkala dinamo starter setiap menempuh 75 ribu kilometer, dan jangan menunggu dinamo starter macet. Komponen dinamo starter bekerja memanfaatkan listrik yang dialirkan oleh baterai. Kemudian, listrik pada aki membuat dinamo menyala. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.