Cara Aman Mudik Lewat Tol Jakarta – Surabaya

0
C OtomoTrends.com, Jakarta. Jalan bebas hambatan Jakarta hingga Surabaya bakal menjadi pilihan para pemudik, sebab membuat perjalanan ke kampung menjadi lebih singkat. Dan dana yang dikeluarkan untuk menempuh perjalanan relatif terjangkau, dengan menggunakan tol tersebut kita cukup merogoh kocek sebesar Rp351.500.

Tol yang menyambung dari Jakarta hingga Surabaya diprediksi sudah bisa digunakan saat arus mudik Lebaran 2018. Beroperasinya tol Jakarta – Surabaya pun diprediksi menjadi solusi bagi banyak pemudik tahun ini yang hendak ke Jawa Timur hingga Pulau Bali. Namun banyak hal yang harus diwaspadai ketika mengemudi di sepanjang jalan tol Jakarta hingga Surabaya. Karakter jalan tol itu belum banyak diketahui, artinya menuntut para pengemudi untuk berkendara dalam kecepatan yang konstan namun tetap lebih hati-hati.

Yang paling bahaya dari lokasi baru adalah situasi yang tidak kelihatan, namanya crosswind atau angin samping. Ada tiga poin yang harus diperhatikan pengemudi selama mengemudi di sana.

Berikut tips saat mudik ke kampung lewat tol Jakarta – Surabaya.

Antisipasi crosswind
Cukup banyak pengemudi yang tidak mengantisipasi munculnya crosswind dari arah samping kendaraan. Dampaknya bisa berbahaya bagi mobil yang terkena dan langsung counter steering (ke kanan atau kiri). Dalam kondisi itu bisa menyebabkan mobil bergoyang atau oleng yang menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu, pengemudi harus ekstra hati-hati berkendara di tol, terlebih ini sebagai tol fungsional. Jalan belum sepenuhnya rampung. Usahakan selain memastikan kendaraan yang kita kemudikan aman, mengemudi di tol butuh konsentrasi yang baik.

Baca Juga: Tampilan Unik N-Box, Mobil ‘Kotak Sabun’ Menggemaskan dari Honda

Jaga kecepatan
Jangan terlalu percaya diri mengemudi di tol. Perhatikan kecepatan kendaraan. Mengemudi di jalan tol dengan kondisi jalan luas dan panjang bukan berarti hanya kita yang berada di sana. Yang paling benar adalah ikuti batas kecepatan di jalan bebas hambatan. Jangan memacu kendaraan di jalan tol melebihi batas kecepatan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.