Berikut Ini Aturan Klakson Kendaraan Menurut Undang-Undang

0
B OtomoTrends.com, Jakarta. Klakson yang ditanamkan pada kendaraan tidak boleh melanggar aturan. Baik klakson mobil atau sepeda motor, terikat dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 55 Tahun 2012, terutama pada 39 dan 69. Bunyi klakson boleh saja saling berlainan antara kendaraan satu dengan lainnya, namun ada batasannya.

Dalam instagram milik Kementrian Perhubungan dengan nama akun @kemenhub151, klakson kendaraan harus memiliki bunyi dan bisa dipergunakan tanpa harus memecah konsentrasi pengemudi lainnya. Dari kekuatannya, suara klakson paling rendah memiliki ukuran 83 desibel dan tertinggi di angka 118 desibel. Suara klakson yang tinggi dan cenderung memekak di telinga lebih sering membuat orang sekitarnya kaget.

Jika yang terganggu konsentrasinya adalah pengemudi lain, maka dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Bukan itu saja, pengemudi juga diharapkan ikut menjaga lingkungan sekitar terkait penggunaan klakson. Hindari menyalakan klakson yang dapat mengganggu lingkungan dengan polusi suara dan terlalu sering diaktifkan.

Pengujian dilakukan berdasarkan ketentuan yang ditentukan. Klakson harus mengeluarkan bunyi dan dapat digunakan tanpa mengganggu konsentrasi pengemudi. Suara klakson paling rendah 83 desibel atau dB (A) dan paling tinggi 118 desibel atau dB (A).

Pada dasarnya tidak rinci mengatur jenis suara atau bunyi klakson seperti apa yang dibolehkan, yang diatur hanyalah bagaimana penggunaan dan batas bunyi maksimal klakson. Meski demikian, membunyikan klakson tanpa alasan yang jelas hingga menyebabkan kebisingan tentu dapat mengganggu konsentrasi pengemudi jalan lainnya yang dilarang oleh PP 55/2012.

Baca Juga: Penampakan Bajaj Qute Mirip Mobil Bakal Gantikan Bemo

Jika penggunaan klakson kendaraan bermotor beroda empat atau lebih tidak sesuai dengan teknis laik jalan, maka pengemudi dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply