Benarkah Mobil Matik Tak Boleh Didorong, Mitos atau Fakta?

0
B OtomoTrends.com, Jakarta. Sebelumnya banyak yang menyebut mobil matik tidak boleh didorong saat mogok. Begitu pula dengan diderek saat mesin dalam keadaan mati. Maka banyak pengendara akhirnya memilih tak menggeser mobil matiknya saat mogok di jalan lantaran dianggap dapat merusak sistem transmisi. Meski mobil dengan transmisi matik kini jadi favorit, namun ternyata banyak kabar beredar jika mobil tanpa pedal kopling itu akan sangat sulit didorong jika tiba-tiba mesin mati atau mogok.

Kekhawatiran itu ternyata bermula dari pemahaman jika pelumasan komponen di transmisi matik sangat mengandalkan cairan hidrolis, atau minyak transmisi otomatis. Cairan hidrolis itu baru bersirkulasi ketika mesin dihidupkan. Sebab, untuk mensirkulasikan cairan tersebut dibutuhkan pompa hidrolik yang baru bisa bekerja pada saat mesin hidup. Memang benar, jika peredaran cairan hidrolis untuk melumasi komponen dalam transmisi sangat membutuhkan pompa hidrolis yang baru bekerja saat mesin hidup. Tetapi bukan berarti transmisi akan mengalami kerusakan jika mobil dipindahkan ke tempat lain dalam keadaan mesin mati, terutama dengan mengikuti beberapa poin.

Jika mobil transmisi matik mati maka didorong atau tidak itu tergantung kondisi. Kalau mobil mogok memang perlu memindahkan. Kalau mogok di tengah jalan didorong untuk dipinggirin itu tidak apa-apa, asal di tuas transmisi di netralin (N) saja. Karena itu untuk jarak dekat maka mendorong mobil matik bukan masalah. Hanya saja, jika mobil harus dibawa ke bengkel dengan jarak cukup jauh maka yang perlu dilakukan adalah menggunakan truk derek gendong atau towing.

Baca Juga: Tampilan Pajero Sport Exceed dan GLX Kini Lebih Modern, Terbaru 2018

Untuk menderek mobil matik, disarankan jika mobil menggunakan penggerak roda depan, maka ada baiknya bagian depan yang ditarik (diangkat), sedangkan ban belakang boleh menapak. Jika mobil matik yang mogok berpenggerak roda belakang, maka bagian roda depan yang dianjurkan menapak di jalan (bagian belakang diangkat). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply