Beli Mobil Bekas Berkualitas? Seva Mobil Bekas Solusinya!

0

Membeli mobil bekas memang perkara yang gampang-gampang susah. Susahnya adalah ketika kita mencoba menemukan mobil yang pas dan sesuai dengan kebutuhan namun tidak sesuai dengan dana yang dianggarkan atau kualitas yang diinginkan. Untuk itu, perlu diketahui bahwa ada beberapa tips yang diperlukan saat Anda akan membeli mobil.

Seva mobil bekas sebagai platform penyedia ribuan mobil bekas dengan harga terjangkau dan kualitas bagus sangat pas untuk Anda pilih. Namun untuk meyakinkan Anda dalam membeli mobil, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Tips Memilih Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

1. Memiliki Catatan Servis Lengkap

Memilih mobil dengan catatan servis sangatlah penting dilakukan untuk Anda yang hendak membeli mobil bekas. Hal ini dikarenakan catatan servis bisa dijadikan patokan performa mobil bekas yang Anda beli nantinya. Catatan servis yang lengkap menandakan bahwa mobil sering dilakukan perawatan. Mobil yang sering dilakukan perawatan maka akan memiliki performa yang lebih baik serta kondisi yang lebih prima dibandingkan dengan mobil yang jarang dirawat.

Jangan lupa untuk melihat di bengkel mana mobil diservis, karena akan sangat berpengaruh terhadap kualitas servis yang diberikan kepada mobil. Sebaiknya pilih mobil incaran yang selalu diservis di bengkel resmi agar lebih meyakinkan.

2. Jangan Tergiur dengan Harga Miring

Mungkin antara platform satu dengan yang lainnya menawarkan harga yang berbeda dan bisa jadi harganya jauh lebih murah. Namun Anda jangan langsung tergiur dengan harganya yang murah tersebut. Mobil yang murah atau berharga miring biasanya merupakan mobil bekas kecelakaan yang dijual kembali.

Selain itu, bisa jadi harga miring hanyalah taktik penjual mobil bekas yang ingin menawarkan mobil lain pada saat pembeli mendatangi showroom-nya karena tergiur harga tersebut. Namun jangan khawatir, masih banyak mobil-mobil di SEVA.id yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

3. Periksa Keadaan Interior dan Aksesoris Mobil

Memeriksa komponen mobil penting dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Pertama, Anda bisa memastikan bagaimana keadaan interior mobil, apakah komponen di dalamnya masih lengkap dan berfungsi dengan baik atau tidak. Komponen yang perlu dicek antara lain sistem audio, AC, serta switch lampu, apakah masih berfungsi atau tidak. Selain itu, Anda juga perlu mencoba kondisi interior mobil, salah satunya dengan mencoba menduduki jok mobil depan dan belakang apakah masih nyaman.

Periksa juga kondisi plafon, dashboard, dan cium bau interior apakah berbau apek atau tidak, karena bau apek bisa mengindikasikan bahwa mobil tersebut pernah kebanjiran.

4. Cek Badan Mobil

Selain kondisi interior yang harus Anda cek, kondisi eksterior seperti badan mobil juga perlu dicek. Periksa rangka atau chassis mobil, apakah masih dalam keadaan prima atau tidak. Jangan pilih mobil yang memiliki rangka dengan bekas tabrakan atau bekas perbaikan yang tidak rapi.

Cek juga komponen eksterior seperti pintu, kap mesin, serta kaca mobil apakah masih baik dan orisinil atau tidak. Kondisi cat mobil yang belang juga perlu dihindari akibat perbaikan yang tidak rapi.

5. Memastikan Kondisi Mesin

Setelah semua bagian luar mobil Anda periksa, selanjutnya adalah memeriksa bagian dalam mobil dengan membuka kap mesin. Periksa kondisi mesin dengan men-stater mobil, apakah suara mesin kasar atau tidak dan apakah ada kebocoran pada komponen mesin atau tidak. Beda halnya jika Anda mencoba mencari mobil baru di SEVA mobil baru, maka hal ini juga tidak perlu dilakukan.

Biasanya mobil yang pernah mengalami kebanjiran akan memiliki suara yang lebih keras dibandingkan dengan mobil normal pada umumnya. Suara yang janggal pada mesin juga lebih baik untuk Anda hindari. Cek juga performa berkendara dengan meminta test drive di jalanan. Pada saat test drive tersebut Anda bisa memeriksa kondisi mesin, stir, rem, kaki mobil, transmisi, dan apakah mobil nyaman dikendarai atau tidak.

6. Dokumen Lengkap

Langkah terakhir sebelum melakukan pembayaran pada saat membeli mobil bekas adalah dengan mengecek kelengkapan dokumen mobil. Anda perlu memeriksa apakah mobil memiliki STNK, BPKB, dan Faktur atau tidak ada salah satu atau semuanya.

Periksa juga nomor mesin mobil dengan nomor yang tertera pada rangka, jangan sampai fisik mobil tidak sesuai dengan surat-surat yang ditunjukkan. Pastikan juga nama asli pemilik sama dengan nama yang tertera pada BPKB dan STNK.

7. Minta Bantuan Teman Ahli atau Mekanik

Meskipun Anda telah mengerti banyak mengenai mobil bekas, akan ada baiknya jika Anda membawa teman yang ahli di bidang otomotif atau seorang mekanik ahli. Bisa jadi Anda melewatkan sesuatu yang penting pada saat pengecekan. Dengan mendapatkan bantuan seseorang yang profesional di bidang pengecekan mesin mobil, maka Anda akan lebih yakin pada saat membeli mobil. Selain itu, Anda juga akan lebih meminimalisir kerugian pada saat membeli mobil bekas.

8. Menawar Harga

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, jika memungkinkan tawarlah harga mobil tersebut. Namun sebelum melakukan penawaran harga, ada baiknya Anda mencari harga mobil yang Anda incar terlebih dahulu di kebanyakan platform penjualan mobil.

Dengan mengetahui terlebih dahulu harga mobil bekas tersebut secara kebanyakan, maka Anda juga akan terhindar dari harga yang terlalu tinggi untuk kategori mobil bekas. Bandingkan dengan harga mobil tersebut dengan kondisi saat mobil masih baru, apakah terlalu sedikit atau tidak.

9. Teliti dan Tidak Tergesa-gesa

Sebelum menyelesaikan transaksi pembelian mobil, Anda harus cermat dan teliti dengan barang yang akan dibeli. Membeli mobil bukanlah transaksi yang membutuhkan dana yang sedikit, meski mobil yang dibeli adalah mobil bekas. Sifat tergesa-gesa dan terlalu terburu-buru ingin mendapatkan mobil juga tidak baik. Memilih mobil bekas perlu pertimbangan yang sangat banyak, baik dari segi kualitas maupun harga. Jangan sampai transaksi pembelian mobil bekas malah merugikan Anda karena salah membeli mobil.

Banyak penjual mobil bekas yang menawarkan mobil rusak ataupun tidak sehat hanya karena menginginkan keuntungan yang besar. Untuk itu, teliti kembali dan sangat tepat jika Anda membandingkan pilihan-pilihan yang ditawarkan.

Keunggulan Membeli Mobil di Seva Mobil Bekas

Sebagai penyedia mobil bekas terbaik, Seva.id memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Kondisi mobil yang ditawarkan sesuai dengan aslinya, baik dari segi eksterior maupun interior
  • Kondisi mobil mulus karena tidak pernah mengalami tabrakan dan tidak mengalami kebanjiran
  • Kondisi mesin masih baik, sesuai dengan tahun dan usia produksi mobil
  • Memiliki dokumen seperti catatan servis, manual book, serta surat kelengkapan mobil yang dijamin asli
  • Memiliki kunci cadangan di semua mobil serta warna orisinil mobil yang dijamin asli
  • Tersedia ribuan jenis dan merk mobil dengan harga yang bersahabat

Dengan keunggulan Seva, Anda tak perlu khawatir lagi akan mendapatkan mobil bekas yang abal-abal dan tidak sehat. Beberapa tips mengenai pembelian mobil bekas di atas hampir keseluruhan telah terjawab dengan keunggulan membeli mobil di SEVA mobil bekas. Untuk itu, jadilah pembeli yang teliti dan cerdas sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.