Alasan Nitrogen Tak Boleh Dicampur Angin Biasa Untuk Isi Ban

0
A OtomoTrends.com, Jakarta. Ban adalah salah satu komponen kendaran yang paling penting. Apapun jenis kendaraanya baik itu sepeda motor, mobil dan kendaraan mobilitas lainya tekanan gas (angin) dalam ban juga perlu diperhatikan. Agar kinerja (grip/daya cakram) ban terhadap jalan aspal tetep terjaga optimal, stabil dan umur pakai ban menjadi lebih panjang.

Metode pengisian itu ada 2 cara yaitu pengisian dengan udara (angin) ada juga yang menggunakan gas nitrogen untuk ban (N2). Penggunaan gas nitrogen sebagai pengisian ban dikarenakan Partikal gas nitrogen (N2) lebih besar dibandingkan oksigen (O2) maka N2 dapat mencegah terjadinya kebocoran (rembesan) yang menyebabkan berkurangnya tekanan gas pada ban kendaraan. Mengisi ban kendaraan dengan angin biasa kini dianggap kurang aman dan stabil, sehingga orang lebih memilih mengisinya dengan nitrogen.

Yang jadi masalah adalah, jika ban kempes di wilayah yang tidak mempunyai bengkel pengisian nitrogen. Kadang sopir memilih untuk terpaksa menambah angin biasa agar kendaraan bisa tetap berjalan. Jadi, ban akan berisi nitrogen dan angin biasa atau dicampur dan hal ini cukup berbahaya.

Penggunaan nitrogen untuk mengisi ban, akan membuat tekanannya stabil dan cengkeraman ke aspal lebih maksimal. Nah, jika dicampur antara nitrogen dan angin biasa, sekilas akan tampak bahwa hal itu tidak memicu bahaya. Namun efeknya adalah tekanan ban jadi tidak stabil.

Baca Juga: Fakta Sebenarnya Kabar Viral Ban Hancur Karena Air Keras

Apabila kendaraan dipergunakan untuk jarak jauh dan kecepatan tinggi, suhu panas, risiko paling buruk yang dapat terjadi adalah ban bisa meledak. Ini akibat tekanan udara dalam ban meningkat. Karenanya tidak disarankan bagi Anda untuk mencampur pengisian ban dengan angin serta nitrogen. Semoga bermanfaat. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply