Alasan Harga Avanza dan Xenia Bekas Terjun Bebas

0
A OtomoTrends.com, Jakarta. Saat ini para pedagang Avanza bekas banting harga. Harga jual mobil bekas besutan Toyota itu anjlok hingga Rp40 juta-an dari harga jual awal untuk tiap varian. Untuk Avanza keluaran 2016 harganya turun dari Rp170-180 juta per unit kini menjadi Rp140-an juta. Ada banyak faktor yang menyebabkan para pedagang di pusat jual-beli mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta menurunkan harga.

Tapi salah satunya adalah kesulitan jualan karena kehadiran produk baru, yaitu Xpander dan Wuling. Sejumlah dealer Toyota di Jakarta menggelar harga promo untuk Avanza. Tenaga penjualan Tunas Toyota Hayam Wuruk menjelaskan memberi potongan harga Avanza dan Veloz hingga Rp25 juta untuk setiap unitnya. Menurutnya, diskon diberikan bagi konsumen yang melakukan pembelian MPV murah Avanza dan Veloz secara tunai atau kredit. Sementara dealer Auto2000 cabang Tebet menyediakan skema promo hampir serupa, yakni bersedia memberikan potongan harga hingga Rp20 juta.

Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) menanggapi diskon yang diberikan dealer-dealer Toyota. Dijelaskan bahwa potongan harga tersebut merupakan sebuah mekanisme di pasar yang relatif normal. Tidak bisa dikaitkan dengan memberi potongan menjadi upaya menggenjot penjualan, atau sekadar menghabiskan stok yang ada.

Tidak bisa disimpulkan berapa pengaruhnya diskon terhadap kenaikan order. Banyak faktor yang mempengaruhi penjualan. Penjualan Avanza tengah merosot. Tahtanya selama 14 tahun sebagai pucuk penjualan low MPV direbut pesaing baru, yaitu Mitsubishi Xpander. Xpander berhasil menyalip penjualan wholesales Avanza pada Februari 2018.

Baca Juga: Tampilan Toyota C-HR Resmi Meluncur Minggu Ini di Jakarta

Xpander mencapai 7.400 unit, sedangkan Avanza cuma 6.773 unit berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2018. Di sisi lain, untuk pasar mobil baru terlihat masing-masing dealer Toyota tampak jor-joran memberi potongan harga hingga Rp25 juta untuk Avanza. Diskon itu diberikan untuk konsumen yang membeli MPV murah Avanza dan Veloz secara tunai atau kredit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply