Wacana Pembatasan Taksi Online Akan Punya Identitas Khusus

0
W OtomoTrends.com, Jakarta. Sebagian masyarakat kerap kebingungan membedakan angkutan sewa khusus atau biasa disebut taksi online dengan angkutan pribadi. Selain berplat hitam, angkutan taksi online juga tidak memiliki tanda-tanda khusus. Namun saat ini masyarakat pengguna taksi online tak perlu lagi bingung.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan memberikan tanda khusus kepada kendaraan taksi online yakni berupa stiker. Dalam acara uji publik revisi PM 32 Perhubungan Tahun 2016 di Makassar, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sempat menunjukan contoh stiker tersebut. Stiker Khusus taksi online terdiri dari dua warna yakni putih dan biru. Ada sejumlah simbol di dalamnya, yakni persimpangan jalan berbentuk huruf T yang menandakan transportasi.

Ada pula lingkaran yang berarti roda, dan garis dua garis melengkung di atasnya yang menandakan simbol sinyal. Namun belum diketahui kapan pemberian stiker taksi online akan dilakukan. Perubahan simbol masih mungkin terjadi. Mengingat, payung aturan penyelengaraan taksi online yakni revisi PM Perhubungan 32 Tahun 2016 masih dalam tahap uji publik. Rencananya, aturan itu akan dirilis dalam waktu dekat.

Baca Juga: Spesifikasi Harga Moge Baru BMW Motorrad di Indonesia

Kendaraan yang akan diberikan stiker khusus adalah kendaraan yang sudah memenuhi syarat taksi online mulai dari kapasitas mesin, STNK atas nama badan hukum, hingga lulus uji berkala (KIR). Masyarakat diharapkan bisa lebih mudah mengenali angkutan sewa khusus tersebut. Selain stiker, rencananya kendaraan taksi online juga akan diberikan kode khusus oleh Kepolisian. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply