Tips Menyusun “Itinerary” Liburan Secara Sempurna

0
[dropcop]T[/dropcop]- Merencanakan perjalanan dengan baik jadi salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan perjalanan. Itinerary biasanya berisi tentang destinasi mana yang akan dikunjungi, berapa lama akan berada di sana, tempat-tempat apa yang akan dikunjungi dan bagaimana serta berapa harga yang dibutuhkan untuk ke sana. Setelah kamu berhasil mendapatkan tiket pesawat, serta telah mendapatkan hotel murah, misalkan telah mendapatkan hotel murah di Yogyakarta. Berikut cara menyusun itinerary kamu dengan sempurna:

1.    Tentukan dengan tepat setiap langkah

Tentukan setiap perjalanan menuju tempat wisata secara tepat. Kamu bisa menentukan estimasi waktu tempuh yang tepat dan terperinci. Misalnya, waktu tempuh menuju bandara, waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lainnya, serta menentukan jadwal lainnya. Coba lihat kemungkinan hal yang bisa dilakukan seperti makan sebelum penerbangan kamu tiba, serta kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Estimasi tersebut dapat diketahui dengan mengetahui jadwal keberangkatan bus, tingkat kemacetan dalam perjalanan, atau memilih menuju bandara dengan kendaraan sewa.

2.    Berpikir realistis

Ini hal kedua yang harus kamu lakukan, sebaiknya kamu tidak mudah tergiur dengan mengunjungi banyak objek wisata. Kamu bisa mencoba membuat daftar tempat-tempat yang akan dikunjungi kemudian diurutkan berdasarkan skala prioritas. Hal itu berguna untuk menentukan berapa lama waktu untuk berlibur di satu tempat atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk ke sana. Kamu bisa jadikan buku panduan perjalanan, peta dan juga ulasan wisatawan yang telah melakukan perjalanan ke sana untuk menjadi bahan pembelajaran dalam menyusun itinerary.

Kamu juga sebaiknya pertimbangkan hari libur lokal di destinasi wisata tujuan kamu  yang bisa mempengaruhi jadwal penerbangan, jam buka obyek wisata, dan hal-hal yang lain.

Setelah hal-hal tersebut telah kamu lakukan, hal tersebut dapat membantu kamu untuk berpikir secara realistis berdasarkan gambaran waktu transit, kemungkinan untuk mengunjungi obyek wisata, dan juga skala prioritas obyek wisata yang akan dikunjungi.

3.    Penerbangan lanjutan adalah kunci

Tahukah kamu penerbangan lanjutan atau transit dalam jadwal liburan bisa menjadi titik rawan dalam itinerary perjalanan kamu.

Pergantian pesawat akan memperbesar kemungkinan menunggu pesawat atau penundaan jadwal terbang. Selain itu, penerbangan lanjutan juga akan berpotensi mengganggu waktu istirahat kamu di bandara.

Jika kamu memang harus melalui penerbangan transit, kamu harus pastikan tidak memilih jadwal yang terlalu dekat. Kamu bisa mengambil jadwal penerbangan dengan selang waktu beberapa jam untuk berganti pesawat dan memberikan antisipasi dalam kasus penundaan pesawat.

4.    Gunakan website dan aplikasi

Di zaman teknologi sekarang ini semua sudah terjadi dalam situs dan aplikasi handphone yang bisa membantu kamu mengatur dan membuat itinerary, serta membuat cerita perjalanan.

Misalkan kamu yang ingin menceritakan perjalanan liburan kamu atau membaca ulasan liburan orang lain, kamu bisa kunjung blog reservasi.com. Tak hanya memberikan kesempatan kepada traveler untuk menceritakan perjalanan liburannya, namun Reservasi.com juga jadi salah satu situs booking hotel dan tiket pesawat yang murah dan terbaik, kunjungi langsung www.reservasi.com.

Ada juga Triplt.com yang memungkinkan pengguna membuat itinerary secara online dan mengirimkan secara otomatis ke diri sendiri dan juga untuk teman maupun keluarga atau bisa juga Tripcase.com yang serupa dengan Triplt.com yang menyediakan layanan serupa yang membantu dalam mengatur perjalanan kamu. Tak hanya itu ada juga TripHobo.com yang bekerja untuk mengorganisir itinerary dan membantu kamu mengumpulkan informasi.

Cukup masukkan titik awal dan akhir perjalanan kamu, kemudian situs tersebut akan memberikan rekomendasi bagaimana cara mencapai tempat tersebut, kegiatan apa yang dapat dilakukan, info obyek wisata seperti jam buka, harga tiket, dan estimasi waktu jika ingin mengunjungi tempat wisata tersebut.

5.    Tetapkan rencana terbaik

Itinerary yang kamu susun bukanlah sesuatu hal yang mengikat, karena semua jadwal yang telah kamu rencanakan bisa saja meleset.

Kamu bisa masukkan hari bebas ke dalam itinerary kamu untuk kemungkinan menemukan hal-hal menarik yang kamu temukan selama perjalanan yang tidak diketahui sebelumnya. Itinerary terbaik sering kali adalah yang bersifat fleksibel. Hal-hal yang dapat dilakukan lainnya adalah merinci setiap detail perjalanan misalnya waktu-waktu yang digunakan untuk beristirahat maupun ke kamar mandi.

Nah, jadi sudah tahu bukan bagaimana cara menentukan itinerary kamu. Dalam waktu dekat ini sudahkah kamu menyiapkan itinerary kamu? Untuk mengetahui harga hotel dan tiket pesawat terbaik, serta informasi traveling yang menarik, temukan langsung di www.Reservasi.com ya!

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply