Tips Menghadapi Konvoi Moge Harley Arogan

0
T OtomoTrends.com, Jakarta. Rombongan pengguna moge di jalanan kerap menuntut prioritas yang terkadang menyulut masalah lebih lanjut. Baru-baru ini rombongan moge di Bukittinggi, Sumatera Barat berujung pengeroyokan usai konvoi dirasa mengganggu lalu lintas.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengatur tentang kendaraan yang mendapatkan hak utama saat berlalu lintas. Setidaknya ada tujuh jenis kendaraan yang memperoleh prioritas, namun tidak ada satupun pasal yang menyebut untuk konvoi motor gede alias moge. Bisa dipahami ukuran dan bobot yang besar serta kapasitas mesin menyerupai mobil bikin moge sesekali sulit berinteraksi dengan pengguna jalan yang lain, namun itu adalah masalah yang mesti ditutup keahlian pengendaranya sendiri sebelum turun ke jalan. Konvoi kendaraan misalnya saat komunitas moge sedang touring yang sesekali ditemui di jalan kerap mengganggu perjalanan. Saat berdekatan dengan rombongan ini apa yang sebaiknya harus dilakukan? Konvoi yang melibatkan puluhan kendaraan biasanya meminta prioritas di jalan, mereka bisa meminta kendaraan lain mengurangi kecepatan bahkan sampai berhenti atau menepi agar rombongan bisa lewat.

Cara meminta itu terkadang dilakukan dengan ramah atau tidak sama sekali. Berdasarkan regulasi, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 134, kendaraan prioritas atau yang memiliki hak utama, terdiri dari tujuh jenis, yakni kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, kendaraan penolong kecelakaan, kendaraan pimpinan lembaga negara, kendaraan pejabat negara asing dan lembaga internasional, iring-iringan pengantar jenazah, serta konvoi dengan kepentingan tertentu yang disetujui kepolisian.

Kendaraan yang tidak termasuk dalam aturan itu tidak wajib diberikan prioritas. Walau begitu, saat bertemu konvoi moge di jalan, ada baiknya mempertimbangkan keselamatan berkendara sebelum memutuskan memberikan atau menolak memberi jalan. Komunitas apapun sebetulnya punya hak setara dengan pengguna jalan lain.

Mereka tidak serta merta dapat meminta pengecualian hanya karena tidak ingin terpisah rombongan. Ada baiknya konvoi moge diberi jalan dengan pertimbangan jika rombongan terlihat melaju dengan kecepatan tinggi. Sebetulnya tak ada yang perlu dikhawatirkan jika bertemu dengan konvoi moge.

Baca Juga: Pilihan Tempat Wisata Keluarga di Bandung Untuk Liburan Seru

Arogan atau tidaknya pengendara moge tetap tergantung pada pribadi masing-masing. Namun kepada semua pengendara tetap mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku untuk mencegah kesalahpahaman di jalan yang berujung pada keributan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.