Tahun Ini Bisa Mudik Jakarta-Surabaya via Tol Trans Jawa

0
T OtomoTrends.com, Jakarta. Kabar gembira bagi pemudik tahun ini karena ruas Tol Trans Jawa yang akan dibuka fungsional sepanjang 178 kilometer. Ruas itu terdiri atas Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Salatiga-Kartasura, Tol Wilangan-Kertosono, beberapa ruas Tol Kertosono-Mojokerto. Pemerintah berencana untuk mengoperasikan Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya tahun 2018. Meski demikian, ada beberapa ruas di antaranya yang masih dalam tahap pembangunan.

Untuk ruas tol yang masih dalam tahap konstruksi, pemerintah berupaya agar pada saat musim mudik Lebaran ini sudah dapat berfungsi. Secara umum kondisi fisik Tol Trans Jawa mengalami peningkatan. Hal itu seiring dengan pembebasan lahan yang sudah mencapai lebih dari 90 persen. Sementara itu, untuk tol yang akan dibuka fungsional pada Lebaran tahun ini, dipastikan berada dalam kondisi yang lebih baik dibandingkan tahun lalu. Khusus Pemalang-Batang rencananya akan dibuka fungsional. Sementara, Pejagan-Pemalang ditargetkan beroperasi sepenuhnya dalam waktu dekat. Dari Batang menuju Semarang, rencananya juga akan dibuka fungsional.

Sementara, dari Semarang menuju Solo sepanjang 75 kilometer, hanya dua seksi terakhir yang akan dibuka fungsional yaitu Salatiga-Kartasura. Perjalanan ke Jawa Timur bisa dilakukan dengan melewati Tol Solo-Kertosono. Sebagian ruas ini masih akan dibuka fungsional yaitu ruas Wilangan hingga Kertosono sepanjang 37 kilometer. Adapun untuk Solo-Ngawi sepanjang 90,4 kilometer dan Ngawi-Wilangan sepanjang 49,5 kilometer sudah beroperasi.

Baca Juga: Kini Merokok dan Dengar Musik Saat Berkendara Terancam Penjara

Dari Kertosono menuju Surabaya, ada dua Tol lagi yang harus dilalui yakni Tol Kertosono-Mojokerto sepanjang 39,6 kilometer dan Tol Mojokerto-Surabaya sepanjang 36,5 kilometer. Bila diakumulasikan, dengan menggunakan Tol Dalam Kota Jakarta, maka jarak tempuh yang harus dilalui calon pemudik dari Merak menuju Surabaya yaitu sepanjang 744,4 kilometer. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply