Rencana Standar Emisi Euro4 Diterapkan di Indonesia Harga BBM Lebih Mahal

0
R OtomoTrends.com, Jakarta. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut positif aturan pemakaian Standar emisi Euro4. Standar emisi Euro4 segera berlaku di Indonesia. Hal ini diperkuat dengan keluarnya Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20/Setjen/Kum.1/3/2017 bertanggal 10 Maret 2017. Permen tersebut mengukuhkan segera diberlakukannya standar emisi Euro4 yang efektif dijalankan.

Standar ini diawali dari BBM jenis bensin. Sementara itu dalam jangka empat tahun mendatang juga berlaku untuk BBM solar. Adanya pemberlakuan aturan ini akan berdampak langsung pada lingkungan yang lebih bersih dari pencemaran. Sementara itu bagi dunia bisnis, industri otomotif yang akan merasakan efeknya secara langsung. Nantinya akan terjadi penyesuaian kualitas BBM untuk mencapai standardisasi Euro4.

Pasalnya, perangkat pada kendaraan roda dua dan empat juga akan didesain agar memenuhi standar Euro4. Terkait hal ini, Pertamina mengatakan siap menyediakan BBM yang diperlukan dan sesuai dengan perangkat. Pertamina juga tengah membangun kilang baru untuk membuat BBM dengan spesifikasi Euro4. Tapi sudah tentu harga jual BBM baru ini lebih tinggi.

Baca Juga: BMW Gelar Parade Mobil Klasik Rayakan HUT Ke-40

Kualitas BBM berspesifikasi Euro4 ada di atas Pertamax Turbo. Untuk saat ini, Pertamax Turbo adalah BBM yang spesifikasinya sudah mendekati standar Euro4 dengan banderol Rp 9.000-an per liter. Bergantung perbandingnya, misalkan Pertamax Turbo yang sudah mendekati Euro4. Pertamax Turbo harganya Rp9.000-an. Nah harga BBM Euro4 akan lebih mahal. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply