Mengenal Lebih Jauh Keunggulan Bahan Bakar Pertalite

0
Pertalite telah resmi dipasarkan beberapa waktu lalu. Bahan bakar ini menjanjikan kualitas yang lebih bagus dari jenis Premium, namun lebih rendah dari Pertamax. Harganya pun tidak terpaut jauh dari Premium dengan selisih sekira Rp 1.000. Harga Pertaliter Rp 8.400 per liter dan angka ini masih harga promo.

Memang belum semua SPBU menyediakan Pertalite. Pertamina baru melakukan tes pasar yang dilakukan di beberapa kota. Ke depannya bahan bakar ini segera didistribusikan secara nasional dan diharapkan akan menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Untuk beralih dari bahan bakar bersubsidi atau Premium. Antara Pertalite dengan Premium memiliki sejumlah perbedaan mendasar. Pertalite diproduksi dengan nilai kadar oktan atau research octane number (RON) 90.

Sementara itu Premium hanya punya RON 88. Kedua nilai ini menjadikan keduanya memiliki penggunaan yang berbeda pada tipe mesin motor menurut rasio kompresinya. Premium hanya cocok dipakai untuk motor yang punya rasio kompresi mesin di bawah 9.0.

Mengenal Lebih Jauh Keunggulan Bahan Bakar Pertalite

Sementara itu, Pertalite sangat disarankan untuk kendaraan bermotor yang mesinnya punya rasio kompresi 9.0 – 10.0. Sebenarnya motor keluaran terbaru yang kebanyakan sudah punya rasio kompresi mesin di atas 9.0 tidak pantas lagi menggunakan Premium. Nilai oktan rendah dengan rasio mesin tinggi justru dapat menimbulkan efek knocking yang membuat tenaga menurun dan terjadi pemborosan bahan bakar. Knoking yang berkepanjangan justru bisa merusakkan piston. Di samping itu, Pertalite lebih ramah lingkungan. Bahan bakar dengan warna hijau bening ini tidak mempunyai kandungan timbal yang membahayakan kesehatan. Sementara itu Premium kurang ramah lingkungan. Emisi udara yang dihasilkan dari Premium lebih besar. Pertalite ternyata juga menjadi BBM produksi dalam negeri. Pertalite diketahui diproduksi di Balongan, Jawa Barat dan Cilacap di Jawa Tengah. Selain itu, guna mendukung kelancaran operasional uji pasar pertalite itu.

Mengenal Lebih Jauh Keunggulan Bahan Bakar Pertalite

Pertamina telah mempersiapkan infrastruktur baik stok BBM, armada mobil tangki dan fasilitas lainnya. PT Pertamina (Persero) sendiri menyediakan 5 kiloliter Pertalite di 101 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dalam uji pasar produk bahan bakar minyak tersebut. Pada uji pasar, pertalite dijual dengan harga setiap liternya Rp 8.400 yakni di bawah harga pertamax Rp 9.300 dan di atas harga premium Rp 7.400.

Baca Juga: Spesifikasi Ford Focus RS 2016 Seharga Rp 481 juta

Selain diklaim bakal menyuguhkan performa lebih baik bagi mesin kendaraan, Pertamina juga mengklaim jika Pertalite ini lebih ramah lingkungan dibanding premium dengan tak adanya kandungan timbal dan logam.

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply