Dengan Bukti CCTV Surat Tilang akan Dikirim ke Rumah Pelanggar

0
D OtomoTrends.com, Jakarta. Penggunaan CCTV digunakan pihak kepolisian untuk menindak pengendara nakal. Jika terbukti melanggar lalu lintas, tilang akan diberitahukan bersama barang bukti rekaman CCTV kepada pengendara. Pengadilan Tinggi Jakarta menyetujui rencana Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya untuk menjadikan screenshot CCTV sebagai barang bukti untuk tilang bagi pelanggar lalu lintas.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder, antara lain dengan aparat penegak hukum, pengamat transportasi, dan DTKJ, pada 13 Oktober 2017 terkait rencana tersebut. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya segera menerapkan tilang dengan menggunakan bukti screenshot rekaman CCTV. Nantinya, petugas akan mengirimkan surat tilang ke alamat rumah pelanggar.

Selain itu, mekanisme lain yang akan diterapkan yakni dengan menindak langsung pelanggar di lapangan dan memberikan surat tilang itu di lokasi. Nantinya, petugas yang berada di command center Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang memonitor CCTV akan berkomunikasi dengan anggota lalu lintas di lapangan melalui Handy Talkie (HT) ketika melihat pelanggar.

Penindakan melalui CCTV ini sebenarnya dapat mengurangi beban personel lalu lintas, seperti yang dilakukan di luar negeri salah satunya di Singapura. Sebab, dengan adanya CCTV, polisi tidak perlu memelototi setiap kendaraan yang melanggar lalu lintas.

Baca Juga: Alasan Lampu Strobo di Mobil Anies Baswedan Dicopot Karena Langgar Peraturan

Hanya saja, masih ada beberapa kendala teknis dalam penerapan tilang dengan menggunakan CCTV ini. Salah satunya ketersediaan CCTV yang belum sepenuhnya menjangkau di setiap sudut jalanan Ibu Kota. Di samping itu, CCTV yang kualitasnya bagus, artinya tidak nge-blur saat kena cahaya lampu atau yang bisa nge-zoom itu baru sedikit. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply