Awas, Kopi Bukan Obat Kantuk Saat Nyetir!

0
A OtomoTrends.com, Jakarta. Salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia adalah karena faktor kesalahan manusia itu sendiri. Tidak jarang pengemudi masih tetap nekad untuk bepergian meskipun tubuh dalam keadaan kurang fit atau masih merasa lelah akibat berbagai aktivitas seperti bekerja, kurang tidur dan lain sebagainya. Selain itu meskipun tubuh merasa fit namun kelelahan bisa saja terjadi akibat jarak yang ditempuh tergolong cukup jauh bahkan harus memakan waktu hingga berjam-jam seperti liburan dan lain sebagainya.

Untuk menghilangkan rasa lelah saat perjalanan ada beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan dan mungkin saja berguna bagi anda yang sering melakukan perjalanan jauh. Pertama yaitu apabila anda sering mengemudi menuju luar kota sebaiknya pilih jalur yang lebih mudah dilewati tanpa hambatan agar waktu tempuh bisa semakin efisien. Jika perjalanan harus memakan waktu hingga 6 jam lebih disarankan setiap 2 jam sekali beristirahat untuk menghilangkan ketegangan pada otot-otot tubuh sekaligus bisa makan atau hanya sekedar berbaring. Tidak ada salahnya saat beristirahat anda melakukan sedikit peregangan atau semacam pemanasan. Terkadang terlalu lama mengemudi mobil bisa mengakibatkan tangan dan beberapa bagian tubuh lainnya terasa sangat pegal, untuk itu manfaatkan waktu istirahat anda untuk melakukan pemanasan.

Setidaknya pemanasan bisa anda lakukan lima menit sebelum kembali memulai perjalanan. Selain harus mengindahkan aturan lalu lintas, istirahat selama perjalanan juga menjadi hal penting. Serta jangan pernah mengandalkan kopi agar mata terus terjaga ya, karena itu berbahaya. Pengendara harus membatasi perjalanan paling lama 10 jam.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Pipis Terus Selama Perjalanan saat Liburan

Serta harus istirahat setiap 2 jam sekali. Karena badan sudah capek. Sehingga 3 jam perjalanan harus istirahat, karena mata kita sudah capek, melakukan peregangan badan agar lebih segar baru memulai perjalanan lagi. Dari sisi kesehatan kopi juga tidak disarankan, apalagi kopi instan atau minuman energi drink. Karena ini memaju daya denyut jantung dan tidak tercover oleh tidur (tidak mengurangi kantuk). (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Enjoy with otomotif part! Penulis dalam media otomotif online Indonesia. Safety ride anytime & anywhere! Jangan ngebut dan hargai sesama pengguna jalan, LOVE!

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.