Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik

February 16, 2013

Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang BaikTips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik. Oli adalah penopang utama dari kerja sebuah mesin. Oli juga menentukan performa dan daya tahan mesin. Semakin baik kualitas oli yang digunakan, semakin baik pula performa dan daya tahan mesin. Fungsi oli bukan hanya sebagai pelumas saja, melainkan Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik sebagai pendingin dan pembersih mesin. Sebagai pelumas, oli melumasi (lubricating) seluruh komponen yang bergerak di dalam mesin untuk mencegah terjadinya kontak langsung antar komponen Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik yang terbuat dari logam.

Unsur kekentalan (viskositas) juga sangat penting. Sebagai pendingin, oli juga harus mampu mengurangi panas yang ditimbulkan oleh gesekan antar logam pada mesin yang bergerak. Proses pembakaran di dalam dapur pacu mesin dapat menimbulkan oksidasi sehingga Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik menghadirkan kerak dan korosi pada logam. Di sinilah oli berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian mesin dari oksidasi dan mencegah terjadinya karat di dalam mesin. Berikut tips memilih oli pelumas mobil yang baik.

1. Pahami spesifikasi mesin kendaraan, teknologi mesin dan jenis oli yang cocok.

Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik

2. Perhatikan tingkat kekentalan oli. Mobil-mobil sekarang yang sudah menggunakan VVT, VVTi dan sejenisnya, minimum menggunakan oli dengan kekentalan 10/40 atau 5/30. Mesin-mesin seperti itu tidak cocok jika menggunakan oli berkekentalan 20/50 atau yang lebih kental.
3. Perhatikan kode lain seperti API. API SM khusus untuk mobil-mobil berteknologi baru dirancang untuk memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik. Untuk generasi sebelumnya, misalkan mobil keluaran 2004 ke bawah, dianjurkan pakai kode SL. Lalu ada kode SJ untuk 2001 ke bawah. Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik

4. Huruf W yang terdapat di belakang angka awal, adalah singkatan dari Winter. Misalnya SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 15 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun.

Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik

5. Oli synthetic biasanya disarankan untuk mesin-mesin berteknologi terbaru (turbo,supercharger, DOHC, dan lainnya), membutuhkan pelumasan lebih baik, di mana celah antar logam lebih sempit atau presisi. Hanya oli synthetic yang bisa melapisi dan mengalir sempurna. Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik

6. Boleh ganti merek oli, asal kode kekentalan sama. Sebaiknya tidak melakukan to up atau menambah volume karena terdapat sisa pembakaran di ruang bakar yang harus dibuang pada oli lama.

Trends Otomotif:

Tips Memilih Oli Pelumas Mobil Yang Baik
1 vote, 5.00 avg. rating (99% score)

Leave a Comment

Previous post:

Next post: